Tuesday, 12 March 2019

10 Tips Menaikan Jenjang Karier diusia 30 Tahun

img detail
ISTOCK

Woop ingin bertanya berapa usia kamu? Apa yang sudah kamu dapatkan diusia sekarang? Jika kamu sudah (atau sedang menuju) berusia 30 tahun sangat penting untuk bisa membangun karier yang lebih dari sebelumnya. Simak tips di bawah ini. 

Menanjak usia 30 tahun banyak perempuan yang mulai merasakan dilema dalam berbagai hal. Apalagi dalam urusan hal karier dan kehidupan pribadi. Tidak sedikit dari kita yang tidak tahu bagaimana menyeimbangkan karier dengan kehidupan pribadi. Ditambah lagi, usia 30 tahun menjadi titik kritis dalam karier seseorang, antara tetap berada ditempat yang sama atau maju ke posisi yang lebih tinggi. Dilema!

Untuk itu, sangat penting untuk kita mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan agar tidak salah memilih jalan. Nah, Woop akan memberikan 10 tips agar kehidupan kariermu mengalami kenaikan diusia 30:

TENTUKAN PRIORITAS

Pada usia 30 tahun, kamu pasti sudah memiliki banyak pengalaman kerja yang baik. Tidak hanya itu saja, gaji yang tinggi dan mungkin sudah dipromosikan beberapa kali. Meski sudah merasakan itu semua, tetap saja kamu bisa menuju arah yang salah. Agar tidak terjadi hal itu, mulai sekarang kamu bisa menuliskan dan melakukan tiga prioritas yang penting dan menjadi cerminan karier dan hidup kamu. Setelah tahu apa yang menjadi prioritas utama, kamu hanya tinggal membuat rencana tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu.

NEGOSIASIKAN GAJI

Kesetaraan gender memang masih menjadi masalah yang perlu diselesaikan. Salah satunya tentang perbedaan gaji antara karyawan perempuan dan pria. Sebenarnya, menegoisasikan gaji sangat penting, apalagi jika kamu memiliki kemampuan yang lebih dari yang lain. Selain itu juga, hal ini membuat kamu merasa dihargai dengan layak. Penting untuk kamu mengetahui keunggulan yang dimiliki dan apa yang bisa diberikan untuk perusahaan, serta tahu tentang rata-rata gaji untuk posisi yang kamu geluti menurut bidangmu. Saat bernegosiasi, biarkan atasan yang menawarkan besaran gaji, baru kemudian kamu bisa meminta lebih tinggi dari apa yang ditawarkan.

BERUSAHA UNTUK MAJU

Satu hal yang penting, jangan hanya minta promosi atau kenaikan gaji, tapi kamu juga harus berusaha sendiri untuk bisa maju ke level berikutnya.

PENCITRAAN DIRI

Pembentukan citra diri ternyata akan membantu kamu ke jalur karier yang benar. Hal ini sangat penting, karena orang lain juga akan menilai apakah kamu adalah orang yang cocok untuk maju dan membuat perubahan di dalam sebuah perusahaan.

CIPTAKAN PELUANG

Memiliki banyak jaringan perkenalan sangat perlu. Karena dengan hal itu bisa menunjang karier-mu. Jaringan bisnis sangat penting untuk mendapatkan klien atau bahkan peluang kerja baru dari orang-orang yang ada pada jaringan.

TEMUKAN MENTOR

Meskipun sudah bekerja bertahun-tahun lamanya, bukan berarti kamu sudah tidak lagi membutuhkan bimbingan dan arahan dari orang sukses di bidangnya. Memiliki mentor bisa membantu kamu menjalin hubungan dengan orang-orang hebat lainnya, bahkan, membantu mengangkat karier kamu.

MENGETAHUI HAL YANG MEMBUAT BAHAGIA

Kebahagiaan bisa kamu dapatkan dimana saja. Termasuk dari pekerjaan. Untuk kamu, jangan lupa mencari tahu hal apa yang benar-benar dapat membuatmu bahagia, bergairah dan tidak stres. Carilah peluang untuk bisa mengerjakan hal yang disukai. Siapa tahu hal tersebut ternyata bisa dikembangkan menjadi bisnis sendiri.

MENINGKATKAN PENDIDIKAN

Pendidikan itu sangat penting! Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk meningkatkan pendidikan. Apalagi untuk kamu yang ingin pindah kerja atau mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari sebelumnya, ada baiknya untuk kembali mengambil pendidikan. Pada usia 30-an, perempuan karier sudah cukup matang untuk mengambil keputusan ini dan mempertimbangkan keuntungan dari investasi yang dilakukan sekarang.

BERANI MENGAMBIL RISIKO

Yep, pada usia 30-an, kamu pasti sudah mempunyai jaringan yang kuat, pengalaman yang banyak, dan keahlian yang mumpuni untuk mengambil langkah karier yang risikonya lebih tinggi. Jangan takut untuk melakukan sesuatu yang baru.

BERHENTI MENGKRITIK DIRI SENDIRI

Tanpa disadari ada satu hal yang sering menjadi penghambat karier kamu yaitu diri sendiri. Kepercayaan diri adalah sesuatu yang penting. Jangan ragu untuk maju dan berhenti menjadi kritikus terburuk untuk diri sendiri.

Selanjutnya: ada banyak hal yang bisa membuatmu menjadi sukses. Tapi apakah kamu sudah menjawab pertanyaan satu ini?


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR