Thursday, 13 June 2019

4 Alasan Pentingnya Kesehatan Finansial di Tempat Kerja

img detail
SHUTTERSTOCK

Tidak hanya kesehatan fisik dan mental saja yang dibutuhkan di tempat kerja, tapi kesehatan finansial juga diperlukan untuk kesejahteraanmu. Mengapa demikian?

Kebanyakan orang lebih sering berpikir bahwa kesehatan fisik dan mental yang benar-benar harus dijaga dengan baik. Memang benar dan tidak salah, semua orang perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik agar kesehatannya terjamin. Ternyata ada hal lain di luar kebutuhan fisik dan mental saja yang bisa mengganggu kesehatanmu yaitu tekanan finansial yang tidak baik. Tidak hanya terjadi di rumah, tapi juga bisa terjadi di tempat kerja. 

Tidak terlalu disadari, masalah finansial di tempat kerja sebenarnya adalah hal yang bisa membuat semua orang stres. Tentunya, hal ini bisa menurunkan kesehatan para karyawan. Mungkin inilah saatnya untuk membuka mata dan melihat hubungan antara kesehatan finansial dan kesejahteraan secara keseluruhan. Maka dari itu, kesehatan finansial di tempat kerja merupakan bagian penting dari kesejahteraan karyawan. 

  • Keuangan Adalah Penyebab Stres Utama

Ternyata pekerjaan bukanlah satu-satunya hal yang bisa membuat para karyawan tertekan bahkan stres, melainkan uang bisa menjadi sumber kegelisahan yang paling besar bagi sebagian orang. Faktanya, berdasarkan sebuah laporan pada tahun 2015 yang dilakukan oleh American Psychological Association menemukan bahwa 72 % orang dewasa beberapa kali merasa tertekan karena uang.

Sementara 22 % responden juga mengaku mengalami tekanan finansial yang ekstrem. Bila tingkat stres sudah mencapai titik ekstrem, maka kesehatan akan terganggu. Tidak hanya itu, studi ini juga menyinggung bahwa orang-orang berpenghasilan rendah dengan tekanan finansial yang ekstrem lebih cenderung melakukan perilaku tidak sehat untuk mengatasi stres. Misalnya, mereka akan menonton TV berjam-jam, hingga mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak. 

  • Mengelola Keuangan Butuh Waktu

 

Mengelola keuangan memang diperlukan. Namun mengelola keuangan juga bisa membuat kamu stres dan juga memakan waktu. Jika seorang karyawan tidak dapat mengendalikan kesehatan finansialnya, maka akan membawa kekhawatiran sampai tempat kerja bahkan ada yang sampai kehilangan pekerjaan karena masalah keuangan. Adapun masalah keuangan, kurang tidur dan peratan anggota keluarga bisa berdampak negatif dengan produktivitas kerja. Jadi, ketika karyawan khawatir tentang kesehatan finansial, maka dia akan kehilangan fokus dan menjadi kurang produktif di kantor.

  • Karyawan Menginginkan Dukungan

Sebagian besar para HRD mengatakan bahwa perusahaan menyediakan perencanaan pensiun untuk karyawan. Namun perusahaan tidak menyediakan pelatihan ‘melek’ finansial untuk karyawan. Padahal karyawan--terutama mereka yang baru lulus kuliah-- menginginkan dan membutuhkan perencanaan keuangan. 

  • Kesehatan Finansial Meningkatkan Loyalitas

Ingin selalu bisa produktif dalam bekerja? Yep, maka kamu harus sehat dalam hal kesehatan finansial. Peraturan perusahaan mengatakan seseorang akan mendapat kenaikan gaji jika bekerja dengan baik dan dan mendapat promosi. Pada kenyataannya, terjadi inflasi setiap tahun yang membuat harga kebutuhan bahan pokok meningkat. Karyawan harus menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran. Dengan begitu, karyawan akan melepaskan salah satu beban pikiran yang mengganggu sehingga bisa lebih fokus bekerja. Hingga akhirnya kesehatan finansial secara keseluruhan bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, produktivitas kerja dan loyalitas pada perusahaan. 

 
Selanjutnya: Apa jenis kulitmu? Berminyak, normal, atau malah kering? Nah, buat kamu yang memiliki kulit wajah kering, Woop cuma mau bilang jangan sembarangan memilih skincare ya! 

MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR