Wednesday, 09 January 2019

4 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Dalam Membersihkan Kuas Makeup

img detail
ISTOCK

Bisa menjadi sarang jerawat.

Makeup tanpa kuas? Bagaikan sayur tanpa garam: kurang sempurna. Oleh sebab itu, kuas sangat diperlukan. Dengan seringnya kamu menggunakannya, tanpa sadar kuas makeup akan kotor dan menjadikannya sebagai rumah baru untuk kuman dan bakteri penyebab jerawat. Sekarang, Woop ingin tanya: kapan terakhir kali kamu membersihkan kuas makeup? Jika kamu lupa, ada baiknya untuk membersihkannya secara rutin dan berkala. Maka dari itu, ada empat hal yang perlu kamu perhatikan dalam membersihkan kuas makeup:

CARA PEMBERSIHAN

Pertama, yang harus kamu ketahui adalah memilih pembersih kuas yang tepat dan tidak akan merusak kuas. Sebenarnya, sudah banyak merek yang menjual produk yang dirancang khusus untuk membersihkan kuas. Tapi jika memang kamu belum membelinya, kamu bisa menggunakan sampo bayi untuk membersihkan kuas. Caranya: cukup tuangkan sedikit sampo bayi ke tangan (ataupun tempat lainnya), kemudia putar perlahan kuas, bilas, dan ulang kembali sampai benar-benar bersih.

PERHATIKAN KONDISI KUAS

Sama dengan kondisi rambut di kepala, bulu-bulu pada kuas makeup juga perlu diperhatikan kondisinya. Untuk menjaga kondisi bulu agar tetap lembut, carany adalah dengan mencampurkan sedikit minyak zaitun dengan sabun agar kuas makeup milikmu tidak mengering. Pastikan untuk membilasnya.

MEMBENTUKNYA KEMBALI

Maksudnya? Setelah kamu membersihkannya dengan minyak, sampo/sabun dan air, kamu harus mengeringkannya dan membuat kuas kembali seperti semula. Gunakan jari-jari untuk membersihkan bulu dan menghilangkan air yang masih ada. Fyi, karena kuas yang sudah basah digosok dapat mengubah bentuk bulu-bulu kuas.

PENGERINGAN

Tujuan mengeringkan kuas adalah untuk mencegah air merembes ke lem di dasar bulu. Ingat: lem yang lepas dapat menyebabkan bulu-bulu pada kuas akan longgar dan rontok dan sikat menjadi rusak. Untuk membantu kuas kering dengan sempurna, caranya adalah dengan lipat satu ujung handuk beberapa kali. Lalu, letakkan kuas secara rata di atas handuk dengan membalikan kuas, sehingga air bisa mengalir.

Selanjutnya: untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, bahan-bahan ini harus banget kamu hindari dari kulit wajahmu. 

 

 


MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR