Wednesday, 09 January 2019

4 Penyebab MUJEGILU

img detail
ISTIMEWA

Bukan hanya mengganggu aktivitas, Gigi Ngilu juga turut merusak penampilan kita.

Gigi sehat pastinya jadi idaman semua orang, tapi apa pernah kamu merasa setelah menyantap makanan panas dan minum es, tiba-tiba gigi terasa ngilu?

Kalau iya, gigi kamu bisa jadi gigi sensitif sehingga muncul rasa ngilu di gigi kamu. Gigi sensitif ini terjadi saat lapisan gigi yang disebut dentin, yang terhubung dengan serabut saraf itu terkikis dan terekspos ke bagian luar gigi. Akhirnya saat kita minum dingin dan makan makanan panas, saraf itulah yang langsung terkena dampaknya jadi kita merasa ngilu.

Akibat rasa ngilu itu, selera makan pun jadi hilang. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Simak dulu penyebab gigi ngilu supaya tidak kejadian lagi.

Pemilihan makanan yang dikonsumsi

Dalam kondisi lapar, biasanya kita tidak terlalu peduli akan makanan yang kita makan. Namun, makanan yang terlalu dingin, panas, atau asem justru bisa pengaruhi kondisi gigi kita. Misalnya soda, es krim yang dingin dan mengandung gula yang tinggi, permen, es batu, dan juga makanan lainnya. Jadi sebelum makan, para penderita gigi sensitif harus cerdas memilih supaya nggak muncul rasa nyut-nyutan akibat gigi ngilu.

Menggesekkan gigi saat tidur atau bruxism

Apa kamu salah satu orang yang punya kebiasaan menggemeretukkan gigi saat tidur? Kalau iya, kebiasaan ini harus dihindari karena bisa menyebabkan hilangnya email di permukaan kunyah gigi. Akibatnya, gigi menjadi lebih sensitif karena lapisan email semakin menghilang.

Menyikat gigi terlalu keras dan terburu-buru

Ngarepnya sih supaya gigi jadi lebih bersih dan putih, namun justru jadi bahaya loh. Menyikat gigi terlalu keras ini ternyata malah meningkatkan tingkat sensitivitas gigi. Akibatnya lapisan email gigi akan semakin menipis dan makin buruk saat udah tua nanti. Bukan hanya gigi jadi sensitif, gusi juga akan rusak kalau kita menyikatnya terlalu keras. Padahal fungsi gusi itu untuk melindungi gigi dan akarnya, kalau ikut rusak, efeknya gigi sensitif semakin terasa!

Coba deh cek lagi apa cara kamu menyikat gigi sudah benar atau belum. Selain itu, kamu juga bisa memulai dengan mengganti sikat gigi yang lembut dan cocok untuk gigi sensitif. Sikat gigi Systema Sensitive ini jadi pilihan terbaik, dengan bulu sikatnya yang lembut dan ramping sehingga bisa menjangkau ke celah-celah gigi dan gigi pun jadi lebih bersih. Apalagi dengan bulu sikat spesial yang ada di bagian tengah sikat gigi Systema Sensitive, pemakaian pasta gigi jadi lebih efektif.

Menggunakan pasta gigi yang salah

Siapa yang nggak mau gigi putih? Namun ada beberapa pasta gigi pemutih yang justru mengandung bahan kimia dan bisa merusak permukaan gigi. Ujung-ujungnya, muncullah gejala gigi sensitif. 

Gigi ngilu itu bukan hanya ganggu aktivitas kita, tapi juga ganggu penampilan kita. Misalnya lagi dinner dengan pasangan, sudah dress up dan make up cantic tapi tiba-tiba gigi ngilu.  Makanya kita harus selektif dalam memilih pasta gigi yang cocok untuk mencegah MUJEGILU (Muka Jelek Gigi Ngilu). Salah satunya adalah pasta gigi Systema Pro Sensitive yang aman digunakan secara rutin. Ada 2 kandungan khusus dalam pasta gigi ini yakni isopropyl methylphenol (IPMP) yang ampuh membunuh bakteri serta menjaga kesehatan gigi dan potassium nitrate yang efektif mengurangi rasa ngilu di gigi.

Sudah prepare baju dan make up untuk hangout, ini waktunya untuk mulai menjaga kesehatan gigi dengan pasta gigi Systema Pro Sensitive. Bye bye MUJEGILU!

 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR