Thursday, 11 April 2019

4 Tips Bisa Tidur Nyenyak untuk Pekerja Malam

img detail
ISTIMEWA

Bagi kamu yang bekerja dengan jadwal tak menentu pasti memiliki jadwal tidur yang buruk. Untuk itu, Woop akan memberikan tips agar mendapatkan tidur yang nyenyak.  

Apakah kamu seorang polisi, dokter, suster, pemadam kebakaran atau staf hotel? Jika iya, kamu pasti memiliki tubuh yang kuat dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Dengan jadwal kerja yang berbeda dari yang lainnya, kamu dituntut untuk bisa bangun ditengah malam, dan tidur di siang hari. Bisa dikatakan kamu seperti Christian Bale si Batman dalam Film The Dark Knight, yang muncul hanya setiap malam saja untuk menumpas kejahatan. Iya, dengan kata lain kita mengubah gaya hidup dan siklus tidur yang harusnya dari gelap ke terang menjadi terang ke gelap. Sebenarnya apakah hal itu baik untuk tubuh? Menurut Organisasi Kesahatan Dunia (WHO), pada tahun 2007 menyatakan menganggu tidur pada jam malam itu bisa menjadi karsinogenik, yaitu sebuah zat yang bisa menyebabkan kanker. Bahaya!

Jadi, berikut ada tips tidur untuk kamu yang bekerja pada malam hari:

Gunakan Alat Bantu Tidur

Tidak mudah untuk mengubah gaya hidup seperti ini. Kebiasaan yang terjadi sesampainya di rumah: mata tetap melek. Namun yang harus kamu lakukan untuk bisa meningkatkan kualitas tidur di siang hari adalah dengan menggunakan alat bantu tidur. Siang hari merupakan waktu untuk beraktifias untuk orang-orang, jadi akan ada kebisingan yang mengganggu waktu tidurmu. Gunakan ear plugs untuk mengurangi kebisingan yang ada. Selain itu, kamu dapat menggunakan penutup mata untuk membantu menghalangi cahaya agar tidurmu juga bisa lebih nyenyak.

Berilah Sedikit Waktu

Emergency Nursing World merekomendasikan untuk memiliki waktu untuk santai setelah bekerja, dibandingkan harus langsung tidur. Sama seperti seseorang yang bekerja di pagi hari, penting rasany untuk sedikit meluangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai. Beri waktu untuk diri sendiri sekitar 90 menit sampai 2 jam, pergilah makan, menonton atau menghabiskan waktu bersama keluarga sebelum kamu tidur.

Hindari Meminum Kopi

Yep, siapa pencinta kopi?  Memang meminum segelas kopi bisa membantu kamu untuk tetap melek saat bekerja di malam hari. Tapi bagaimana ketika kamu pulang? Apakah bisa tidur? Harus kamu ketahui, meminum kopi bisa mengganggu jadwal tidurmu lho. Apalagi jika diminum kurang dari 3 atau 4 jam sebelum kamu tidur. Gantilah kopi dengan segelas air es atau jalan cepat pada waktu istirahat. Hal itu bisa membantu kamu untuk tidur tanpa merasa gelisah atau hiperaktif.

Keep Your Schedule!

Ada satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh banyak orang saat mendapatkan shift malam, yaitu mengubah jadwal di akhir pekan. Hal ini terjadi karena banyak yang tergoda dan memilih untuk tidur dan bangun di siang hari. Ternyata itu bisa mengganggu waktumu di hari senin. Sebab kamu akan cepat merasa lelah saat bekerja. Jadi untuk itu, kamu harus tetap mempertahankan jadwal yang ada sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat. 

 

Selanjutnya: pernah menangis di tempat kerja? Apakah hal itu wajar? Untuk tahu lebih jelasnya baca di sini


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR