Saturday, 01 December 2018

4 Trik Menjawab Pertanyaan Kepo ('Kok Belum Kawin?')

img detail
ISTOCK

Expert-approved.

Kapan menikah? Kapan punya anak? Kapan punya anak kedua? Kapan anak kedua punya adik? Bla bla bla dan tidak ada ujungnya. Di sebuah episode terbaru podcast Savvy Psychologist, Ellen Hendriksen, PhD, membeberkan beberapa strategi untuk menjawab pertanyan-pertanyaan yang seandainya kita culas, ingin dijawab dengan "mau tahu aja, sih"—tanpa menyulut api perang. Berikut keempat metode yang disarankannya. 

1. Tanya balik: tips paling agresif dari Dr. Hendriksen, sehingga membutuhkan keberanian. "Metode langsung ini tidak untuk setiap orang, tapi jika kamu sudah sangat muak ditanya kapan menikah, respon dengan tegas dengan, "Aku benar-benar tidak suka ditanya hal itu,'" katanya. 

2. Berikan jawaban tanpa menjawab: Sebelum menghadiri pertemuan keluarga tahunan, persiapkan diri dengan jawaban yang klise dan manis. Beberapa yang menjadi favorit Hendriksen termasuk "Makasih sudah bertanya," "Makasih sudah perhatian," dan "Itu pertanyaan yang bagus—aku sering banget ditanyakan itu." 

3. Acuhkan dengan lelucon: Jika kamu adalah tipe orang yang bisa berkelakar di saat genting, pergunakan bakat humor tersebut sebagai strategi mengakhiri investigasi kepo. Contohnya, Hendriksen merekomendasikan menjawab pertanyaan, "Masih belum punya pacar juga?" dengan, "Iya, soalnya aku alergi." 

4. Alihkan topik: Ubah percakapan dengan halus sehingga orang tersebut tidak sadar merupakan salah satu metode yang mendapat stempel persetujuan dari para ahli. Alih-alih menginterupsi proses penyelidikan tentang berat badanmu dengan mengomentari baju bagus sepupumu, cara yang lebih ampuh adalah mengajukan pertanyaan balik kepada mereka. "Jawab 'Kenapa kamu belum menikah?' dengan, 'Rumit, tapi gimana ceritanya kalian berdua bisa ketemu?'" kata Dr. Hendriksen. Tadaaa, dan lampu sorot pun beralih fokus. 

Oh, jangan lupa: karena kamu tidak suka dengan pertanyaan-pertanyaan kepo seperti itu, jadi alangkah baiknya jika kamu juga tidak mencecar orang lain dengan hal yang sama. 

Selanjutnya: Berikut adalah tanda-tanda seseorang tidak mencintaimu. Jika ini kamu alami, mungkin sudah saatnya melanjutkan hidup dan mencoba online dating


MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR