5 Buah Ini Memiliki Jawaban Jika Ingin Kulitmu Sehat dan Bersih

5 Buah Ini Memiliki Jawaban Jika Ingin Kulitmu Sehat dan Bersih
ISTOCK

Cara sederhana, tapi kekuatannya dahsyat. 

Ada yang bilang bahwa apa yang kita makan akan terlihat di wajah. Jadi, jika setiap hari yang masuk ke perut adalah burger dan bakwan gorengan, maka, yah... wajah akan mencerminkannya (tanpa bisa dibohongi): berminyak dan bruntusan. Namun, jika lima buah di bawah ini merupakan bagian tak terpisahkan dari pola makanmu sehari-hari, kemungkinan besar kulit wajahmu sehat dan bersinar. 

TIMUN

Mengandung banyak air, caffeic acid dan vitamin C— dua anti-oksidan—yang baik untuk kesehatan kulit. Entah itu dimasukkan ke dalam jus, dimakan mentah atau digunakan sebagai masker wajah, timun akan membuat kulit wajahmu bersinar.

SEMANGKA

Meski ukurannya besar, sebenarnya buah ini terbuat dari 90% air sehingga sangat bagus untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Semangka mengandung banyak vitamin dan anti-oksidan, terutama lycopene, yang berkhasiat menjaga kesehatan kulit.

KIWI

Ingin kompleksi kulitmu halus, lembut dan kencang? Kiwi adalah jawabannya. Pasalnya, buah ini mengandung vitamin C dan E yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan memerangi tanda-tanda penuaan dini.

ALPUKAT

Fruit of the year, khususnya untuk para milenial. Dipenuhi dengan lemak sehat (monounsaturated fats), vitamin C dan E, serta omega-9 fat oleic acid, alpukat membantu memperbaiki dan merevitalisasi sel-sel kulit. Tidak hanya bagus untuk kulit, rambut dan kuku juga akan sehat jika mengonsumsi buah ini secara teratur. 

KELAPA

Pertama, anti-bakterial dan anti-mikrobial yang terkandung di dalamnya menolong mengurangi iritasi kulit dan inflamasi. Kedua, selama bertahun-tahun, kelapa digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit-penyakit kulit, seperti psoriasis dan eczema. Ketiga, anti-oksidan miliknya memperlambat proses penuaan dengan melindungi kulti dari radikal bebas yang merusak.