5 Cara Cepat Dapat Kerja Lagi Setelah Lama Jadi Pengangguran

5 Cara Cepat Dapat Kerja Lagi Setelah Lama Jadi Pengangguran
iStock

Apa kamu ingin bekerja kembali setelah lama menganggur? Ikuti lima cara ini ya jika ingin cepat dapat pekerjaan.

Ada banyak alasan mengapa seseorang yang pernah bekerja akhir memutuskan untuk menganggur sementara. Entah karena alasan anak, PHK, atau bisnis yang mungkin kini sudah tidak lagi berjalan lancar.

img

Setelah kamu jadi pengangguran dalam waktu yang lama dan ingin kembali bekerja, coba lihat lima poin di bawah ini. 

  • Analisis situasimu saat ini

Pertama-tama, hati-hati menilai situasimu sebelum secara aktif mulai mencari pekerjaan baru. Di bidang mana kamu sebenarnya paling tertarik untuk bekerja? Apa keterampilanmu masih perlu diasah? Jenis pekerjaan apa yang paling banyak dicari sekarang? Luangkan waktu dan pikirkan apa yang membuatmu keluar dari pekerjaan yang dulu.

  • Networking adalah kuncinya

Setelah menyadari passion-mu, mulailah memperluas networking dengan teman dan mantan rekan kerjamu yang memiliki minat serupa. Bicaralah dengan mereka dan tanyakan tentang apa yang terjadi di industri tempat kamu mencari pekerjaan. Tanyakan juga tentang lowongan, budaya kerja, atau minta saran mereka bagaimana cara memulai kembali membangun kariermu. Pastikan kamu memperbarui atau membuat profilmu di situs jaringan profesional dan portal pekerjaan.

img

  • Persiapan wawancara yang matang

Saat kamu dipanggil untuk sesi wawancara kerja, sangat mungkin bahwa pewawancara akan menanyakan alasan mengapa kamu lama tidak bekerja? Seberapa bersediakah untuk bekerja kembali? Bersiaplah dengan jawaban yang tepat. Kamu bisa mengatakan bahwa ‘vakum’ sementara menjadi hal yang tepat untukmu kala itu dan bagaimana kamu masih semangat buat kerja kembali. Jawab dengan jujur ??dan cobalah untuk menekankan kekuatan profesional, keterampilan, dan alasan mengapa kamu cocok di perusahaan.

  • Tingkatkan keterampilan

Karena kamu masuk ke bidang profesional setelah beberapa waktu, meningkatkan keterampilan sebelum melamar kerja menjadi ide yang bagus. Cari kursus jangka pendek (ada beberapa kursus gratis dan berbayar bahkan tersedia online juga) atau dapatkan pengalaman lainnya. Ini akan membantumu untuk meningkatkan keterampilan dan memberimu nilai lebih selama pencarian kerja.

  • Percaya pada dirimu sendiri

Yang paling penting menjadi sedikit sabar selama mencari pekerjaan dan tetap percaya pada kemampuan diri sendiri. Ini menjadi umum untuk mengambil waktu beristirahat sementara dan sekarang akan kembali berjuang untuk bekerja. Ketika kamu percaya akan kemampuan diri sendiri maka bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat di masa depan.

Selanjutnya: kisah Halima Aden yang berhasil mencetak sejarah di Amerika Serikat. Bahkan model berhijab itu baru saja pemotretan untuk majalah seksi ‘Sports Illustrated Swimsuit Issue’. Simak kisahnya di sini