Saturday, 12 January 2019

5 Cara Ini Bisa Membuat Pegawai Baru Merasa Diterima

img detail
ISTOCK

Dear senior, kesan pertama itu penting. 

Jujur saja-- sebagai pegawai lama, apasih yang biasanya kamu berikan kepada pegawai baru di hari pertamanya? Hmm.. tidak ada (yang dilakukan adalah langsung memberikan pekerjaan). Buang kebiasaan itu, ada mulailah untuk menyambut kedatangannya di hari pertamanya bekerja. Dengan memberikan 'kejutan', mereka akan merasa diterima dan dihargai. Sehingga akan mudah untuk beradaptasi dengan yang lainnya dan membuat suasana menjadi cair. Berikut adalah lima hal yang dapat kamu lakukan untuk menyambut pegawai baru di kantor:

MEMBERIKAN UCAPAN “SELAMAT DATANG”

Salah satu cara terbaik untuk menyambut orang baru adalah dengan memberikannya ucapan selamat datang. Dengan begitu mereka akan merasa diterima dan dihargai kehadirannya. Jangan lupa untuk menanyakan kesan pertama tentang kantor barunya, dan jangan lupa untuk mendengarkan masukannya. 

MEMPERKENALKAN SEMUA ISI KANTOR

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah itu rasanya tepat untuk menggambarkannya. Biasanya, sebagai orang baru disuatu tempat, kita sering merasa takut, khawatir dan gelisah; apakah akan cocok dengannya? Apalagi jika kita melakukan kesalahan. Uh! jangan sampai. Maka dari itu, sebagai senior di kantor, kamu bisa membantunya dengan memperkenalkan semua orang dan jabatan, bahkan hobinya. Tujuannya adalah untuk membuatnya nyaman dan merasa diterima. 

MENTORING

Alih-alih langsung memberikan pekerjaan, lebih baik untuk memberikannya mentoring terlebih dahulu. Karena tidak semua orang bisa bekerja secara benar saat hari pertamanya bekerja. Tunjukkanlah tentang suasana atau rythme kerja yang ada di kantormu. Sehingga dia tidak akan kaget dan merasa tidak sejalan. Jangan lupa untuk mengajaknya makan siang bersama. 

BERIKAN PUJIAN

Sepertinya semua orang suka dipuji. Termasuk orang yang baru kita kenal. Sebelum bertemu dengannya, kamu boleh mencaritahu sedikit tentang dia. Karena semakin banyak kita tahu tentang pegawai baru, semakin  kita dapat mempersonalisasi sambutan dan meningkatkan pengalamannya, sehingga dia merasa dihargai dan diingat. 

MEMASUKAN KE DALAM TIM

Memang tidak mudah beradaptasi dengan hal baru. Butuh waktu yang panjang. Namun, ada cara cepat untuk bisa masuk ke dalam suasana dan lingkungan baru, khususnya di kantor. Caranya adalah dengan memasukan dia kedalam bagian dari tim dan tetapkan perannya. Hal itu bisa membuatnya merasa diterima oleh semua orang. Jangan lupa untuk mendengarkan pendapatnya.

 Selanjutnya: sstt.. jangan lakukan hal ini di hari pertama kamu bekerja. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR