Tuesday, 14 May 2019

5 Cara Menjauhkanmu dari Sakit Selama Puasa

img detail
ISTOCK

Mari katakan selamat tinggal pada tubuh lemas, gangguan pencernaan, hingga berat badan yang melonjak selama bulan puasa. Bye, bye... 

Dengan lima cara ini, kamu akan jauh dari berbagai masalah kesehatan yang akan menyerangmu selam puasa. Yes, we set the best strategy just for you!

Segala hal akan berubah selama bulan puasa termasuk soal perubahan pola hidup. Selama berpuasa, kita harus menahan haus dan lapar selama hampir 13 jam. Ditambah lagi, kita juga tetap harus lakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti bekerja, ataupun kuliah.

Dengan banyaknya aktivitas yang kita jalani sambil berpuasa, tubuh pun mau tidak mau tetap harus fit. Namun masalahnya, puasa terkadang bisa memiliki dampak kurang menyenangkan pada kondisi tubuh. Ini membuat banyak gangguan kesehatan yang dialami selama menjalaninya seperti tubuh lemas, gangguan pencernaan, berat badan yang malah melonjak, hingga menurunnya imunitas tubuh, yang menjadi mimpi buruk bagi kita yang menjalankannya. Lantas, adakah cara agar terhindari dari masalah kesehatan selama puasa? Yep, ada lima cara yang bisa kamu terapkan agar tubuh tetap sehat, meski sedang berpuasa.

Hidrasi Tubuh

Salah satu yang sering kita alami saat berpuasa adalah dehidrasi karena kurangnya cairan yang masuk dalam tubuh. Maka dari itu, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Cobalah untuk mengikuti pola 2-4-2 yaitu dengan mengonsumsi dua gelas air saat berbuka, empat gelas air sebelum waktu tidur, dan dua gelas air saat sahur. Namun pola tersebut hanyalah sebuah patokan saja. Sebab setiap orang memiliki kebutuhan cairan tubuh yang berbeda-beda. Penting untuk diketahui bahwa kebutuhan cairan tubuh tidak hanya bisa didapatkan dari air putih saja, kamu juga bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang memiliki kadar air yang tinggi, ataupun makanan berkuah.

Tahan Nafsu untuk Makan Banyak

Kendalikan nafsu makanmu! Memang saat berpuasa keinginan untuk makan saat buka itu sangat tinggi, apa pun ingin kita makan. Namun makan dengan porsi yang melebihi kebutuhan hanya akan membuat lemak tubuh meningkat. Selain itu, terlalu banyak makan juga bisa membuat pencernaan tubuh bekerja lebih ekstra untuk mencerna makanan, sehingga hal tersebut malah membuat tubuh menjadi lemas.

Olahraga

Meski berpuasa, cobalah untuk tidak melupakan olahraga! Melakukan olahraga saat puasa dapat memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih bugar lho. Jika kamu bingung kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga, kamu bisa menyesuaikan jam olahraga dengan aktivitasmu. Kamu bisa memilih waktu yang berdekatan dengan jam berbuka puasa, sehingga intensitas olahraga yang kamu lakuakn bisa lebih optimal.

Tidur yang Cukup

Selama puasa pola tidur juga akan ikut berubah. Apalagi kita dituntut untuk bangun sahur di jam 03.00 pagi. Mau tidak mau, waktu tidurmu akan terpotong. Oleh karena itu, perbaiki durasi dan tingkatkan kualitas tidurmu! Ciptakanlah kebiasaan jam tidur yang rutin di bulan puasa. Dengan melakukan hal ini, kamu akan terhindar dari kekurangan tidup setiap harinya. Tidak mau’kan terlihat seperti zombie?

Cek Kesehatan secara Berkala

Bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan seperti sakit lambung, sangat disarankan untuk mengecek kesehatanmu terlebih dahulu (sebelum menjalani puasa). Tentunya, hal ini akan menghindari kamu dari masalah medis yang tidak diinginkan. Penting untuk memeriksakan masalah kesehatan secara berkala, agar kita bisa mendeteksi dari dini masalah kesehatan apa saja yang mungkin bisa kita alami.

 

Selanjutnya: Sebagai first jobbers, rasanya senang sekali mendapatkan THR untuk Lebaran. Namun bagaimana cara mengatur THR dengan baik? Woop akan kasih kamu tips.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR