5 Cara Menjauhkanmu dari Sakit Selama Puasa

5 Cara Menjauhkanmu dari Sakit Selama Puasa
ISTOCK

Mari katakan selamat tinggal pada tubuh lemas, gangguan pencernaan, hingga berat badan yang melonjak selama bulan puasa.

WOOP.ID - Dengan lima cara ini, kamu akan jauh dari berbagai masalah kesehatan yang akan menyerangmu selam puasa. Yes, we set the best strategy just for you!

Segala hal akan berubah selama bulan puasa termasuk soal perubahan pola hidup. Selama berpuasa, kita harus menahan haus dan lapar selama hampir 13 jam.

Ditambah lagi, kita juga tetap harus lakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti bekerja, ataupun kuliah.

Dengan banyaknya aktivitas yang kita jalani sambil berpuasa, tubuh pun mau tidak mau tetap harus fit. Namun masalahnya, puasa terkadang bisa memiliki dampak kurang menyenangkan pada kondisi tubuh.

Ini membuat banyak gangguan kesehatan yang dialami selama menjalaninya seperti tubuh lemas, gangguan pencernaan, berat badan yang malah melonjak, hingga menurunnya imunitas tubuh, yang menjadi mimpi buruk bagi kita yang menjalankannya.

Lantas, adakah cara agar terhindari dari masalah kesehatan selama puasa? Yep, ada lima cara yang bisa kamu terapkan agar tubuh tetap sehat, meski sedang berpuasa.

Kebiasaan Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa

1. Hidrasi Tubuh

img

Salah satu yang sering kita alami saat berpuasa adalah dehidrasi karena kurangnya cairan yang masuk dalam tubuh. Maka dari itu, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa.

Cobalah untuk mengikuti pola 2-4-2 yaitu dengan mengonsumsi dua gelas air saat berbuka, empat gelas air sebelum waktu tidur, dan dua gelas air saat sahur.

Baca: Cara Melawan Rasa Malas Bekerja di Bulan Puasa

Namun pola tersebut hanyalah sebuah patokan saja. Sebab setiap orang memiliki kebutuhan cairan tubuh yang berbeda-beda.

Penting untuk diketahui bahwa kebutuhan cairan tubuh tidak hanya bisa didapatkan dari air putih saja, kamu juga bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang memiliki kadar air yang tinggi, ataupun makanan berkuah.

2. Tahan Nafsu untuk Makan Banyak

img

Kendalikan nafsu makanmu! Memang saat berpuasa keinginan untuk makan saat buka itu sangat tinggi, apa pun ingin kita makan.

Baca: 7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur