Friday, 15 March 2019

5 Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

img detail
ISTOCK

Pusing dengan kuku kering, kusam, sering mengelupas, atau mudah patah? Woop punya solusi untuk menjaga kukumu tetap cantik dan terawat.

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terlihat, dan tentu saja menyenangkan untuk dirias. Siapa yang tidak senang punya kuku cantik dan berkilau? Tapi tahukah kamu, bahwa merias kuku dengan memakai berbagai macam kuteks ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan, bahkan sampai bisa merusak kuku? Kalau sudah begini, kuku akan terlihat kusam dan tidak sehat. Untungnya, merawat kesehatan kuku ternyata tidak sulit seperti yang dibayangkan, bahkan tidak perlu sampai mengeluarkan biaya yang besar. Berikut cara merawat kuku agar tetap sehat:

JAGA KEBERSIHAN

Ini adalah hal terpenting! Sebelum melakukan apapun pada kuku, pastikan kondisi tangan bersih dan bebas kotoran. Bersihkan kuku dengan menggunakan sabun dan gosok perlahan dengan sikat gigi. Bulu-bulu halus yang ada pada sikat gigi akan lebih mudah membuang kotoran yang mengendap di sudut kuku yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, pembersihan ini juga baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati di sekitar kuku. Lakukan secara rutin supaya kukumu tetap bersih.

POTONG KUKU SECARA RUTIN

Terkadang kita sering melupakan hal ini. Padahal, dengan memotong kuku secara berkala itu sangat penting. Kuku panjang memang cantik, tapi kuku panjang juga lebih mudah patah dan mengering. Oleh karena dari itu, tentukan jadwal rutin untuk memotong kukumu, paling tidak seminggu sekali. Sebelum memotong kuku, sebaiknya melunakkan kuku terlebih dahulu dengan cara merendam kuku di air hangat yang dicampurkan dengan 1-2 tetes cuka apel dan minyak zaitun. Rajin memotong kuku juga dapat membuatmu terhindar dari bakteri yang selama ini menumpuk dan bersarang pada kuku tangan dan kaki.

KURANGI PERAWATAN SALON

Kata siapa perawatan di salon itu selalu jadi yang terbaik. Saat kita terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon malah akan membuat kuku menjadi rapuh. Kok bisa? Karena kuku sering terpapar unsur-unsur kimia dari obat-obat yang digunakan, dan juga terkena peralatan yang tidak higienis. Cobalah untuk melakukan perawatan rutin kukumu sendiri dengan bahan-bahan alami, seperti merendam kuku dalam perasan jeruk dan madu untuk menghilangkan warna kusam dan melembutkan, atau menggunakan sari lidah buaya yang bermanfaat untuk menguatkan dan membuat kuku terlihat bening.

GUNAKAN PELEMBAP

Yep, jangan pernah melupakan pelembap! Pelembap digunakan tidak hanya untuk kulit saja, kuku juga membutuhkannya. Caranya dengan mengusapkan pelembap pada kuku dan kutikula sebelum tidur, agar kuku tetap sehat dan terhindar dari kulit kering dan pecah-pecah.

CANTIK DARI DALAM

Tidak hanya dari luar saja, tapi merawat kuku juga harus dari dalam tubuh. Caranya dengan banyak minum air putih. Karena air putih bisa membuat kukumu lebih sehat dan indah. Tak hanya itu, jaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan suplemen seperti kalsium, biotin dan Vitamin E baik untuk kuku. Satu lagi, produk susu dan keju yang berguna untuk menguatkan kuku, serta makanan yang mengandung biotin seperti tomat, wortel, telur, serta ikan sarden dan salmon, dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan kuku.

Perlu diingat, kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang; jadi rajin-rajinlah merawat kuku dengan baik agar terlihat bersih dan cantik.

Selanjutnya: tidak hanya kuku, rambut juga perlu dirawat. Namun banyak orang sering melakukan empat kebiasaan yang membuat rambut rontok. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR