5 Ciri Kantor yang Tidak Sehat

5 Ciri Kantor yang Tidak Sehat
ISTOCK

Tidak ada yang pernah salah dengan pekerjaan. Hanya saja mungkin lingkungan sekitarmu yang tidak (selalu) mendukung.

Bekerja dengan deadline yang super banyak terkadang membuat kita stres dan tidak bersemangat bangun pagi dan berangkat ke tempat kerja. Ditambah lagi dengan kemacetan jalanan yang selalu kamu temui setiap hari membuatmu merasa lelah dan ingin berteriak. Belum lagi, lingkungan tempat kerjamu ‘beracun’, bukannya bahagia malah membuatmu menimbun penyakit. Duh!

Di beberapa kantor, hal ini sudah menjadi topik perbincangan yang hangat. Kamu mungkin memiliki ceritanya tersendiri. Di mulai dari bos yang menyebalkan, klien yang banyak maunya, sampai keadaan tempat kerja yang mengerikan (ups, semua orang pasti pernah merasakannya). Tapi bagaimana kita bisa tahu bahwa tempat kerja itu ‘beracun’?

Berikut beberapa ciri yang harus diketahui bahwa kantormu itu 'beracun':

  • Adanya Masalah Komunikasi

Nah! Memang, daridulu komunikasi adalah hal penting untuk kehidupan sosial. Bagaimana jika komunikasi malah bermasalah? Yang ada malah terjadi kesalahpaham antar kedua belah pihak. Begitupun di tempat kerja, tanda awal yang terlihat adalah adanya masalah komunikasi yang terjadi antara karyawan dan atasan atau antara menejemen dengan departemen. Biasanya yang terjadi tidak adanya komunikasi dua arah yang terjalin diantaranya atau malah tidak adanya komunikasi yang berakhir miskom.

img

  • Tidakkonsisten Dalam Mengikuti Kebijakan

Ada yang bilang: kebijakan untuk dilanggar! Eits, sepertinya dulu mereka pas sekolah selalu bolos. Jika kita melanggar kebijakan yang ada di tempat kerja (bahkan dimanapun tempatnya) akan banyak terjadi kekacauan yang datang, ketidakkonsistenan, dan dianggap memiliki kualitas yang buruk. Banyak klien yang akan malas berurusan dengan tempat kerjamu.

  • Memiliki Pemimpin yang Narsistik

Biasanya, tempat kerja menjadi cerminan dari pemimpinnya. Namun, bagaimana jika kamu memiliki pemimpin yang narsis? Hmm... no comment! Ciri khas dari pemimpin ‘racun’ adalah hanya dirinya yang lebih berbakat dibandingkan orang lain, dan selalu layak mendapat perlakuan khusus dan selalu memandang orang lain dengan rendah. Ya, memang mereka memiliki kesuksesan tapi hanya untuk sementara waktu saja.

  • Tidak Adanya Kecocokan

Yep, apapun yang ada di bumi ini harus dilihat dengan kecocokan (tidak hanya dalam memilih pasangan saja lho ya!). Memiliki lingkungan kerja yang ‘beracun’ pasti didalamnya banyak komunikasi negatif yang terjalin dalam berbagai bentuk. Yang paling sering kita lihat adalah menggerutu dan mengeluh. Tapi bagaimana jika sarkasme dan sinisme mulai hadir? Mungkin yang akan terjadi, banyak orang mulai saling menyalahkan dan berhenti berinteraksi.

  • Fisik dan Emosional Mulai Terganggu

Ini yang paling ditakuti banyak orang. Tempat kerja yang ‘beracun’, tidak sehat dan akan merusak orang-orang didalamnya. Orang yang bekerja disana (dalam jangka waktu yang sudah cukup lama) pasti akan mengalami masalah kesehatan: tidak bisa tidur, stres, bahkan bisa menambah berat badan. Sedangkan secara emosional, karyawan yang berhati kecil (terlalu baper), mereka bisa mengalami depresi. Beberapa mudah tersinggung, sensitif, dan cepat marah. Hal-hal itu bisa menyebabkan meningkatnya penggunaan alkohol, dan obat-obatan keras/ilegal. Beware, ladies!

Selanjutnya: agar tidak stres dalam bekerja, kamu bisa lakukan tujuh kebiasaan baik ini agar kariermu sukses.