Thursday, 11 April 2019

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Dompet Kosong Melompong

img detail
ISTIMEWA

Menjaga isi dompet agar tetap stabil memang cukup susah apalagi jika kamu memiliki kebiasaan yang ‘tidak baik’ dalam menggunakan uang. Bisa-bisa kamu ‘miskin’ sebelum waktunya. Cobalah untuk mengubah lima kebiasaan kecil ini. 

Masih awal bulan tapi sudah tidak punya uang? Hampir semua orang pernah merasakannya. Yep, hal ini terjadi karena diri kita sendiri. Di mana kita lupa untuk menahan godaan untuk membeli sesuatu yang tidak penting, sehingga membuat pengeluaran menjadi banyak tanpa disadari. Menjadi implusif memang tidak dilarang, tapi yang harus diingat adalah kebiasaan yang dianggap kecil ini bisa membuat kamu bangkrut dan dompet pun kosong melompong, apalagi jika sering dilakukan. Duh! Untuk menjaga dompet agar tetap terisi dan keuanganmu stabil, Woop menyarankan kamu untuk menjauhi 5 kebiasaan ini kalau tidak mau miskin.

  • Belanja Saat Lapar

Ada satu hal yang harus kamu ketahui, berbelanja dalam kondisi perut sedang lapar bisa membuat dompetmu kosong. Karena ongkos belanjamu jadi lebih banyak dan kamu akan cenderung membeli sesuatu yang tidak kamu butuhkan. Misalnya membeli makanan ringan untuk mengganjal perut, padahal tidak termasuk dalam daftar belanjamu. Kalau kebiasaan ini terus terjadi, bukan hanya pengeluaran kamu yang akan membludak, tapi juga bahan-bahan makanan bisa tidak terpakai atau termakan. Jadi, biasakan perut terisi dulu sebelum berbelanja!

  • Membayar Memakai Kartu Kredit/Debit

Di zaman sekarang, siapa sih yang tidak memiliki kartu debit ataupun kredit? Semuanya pasti punya, kita bisa mendapatkannya dengan mudah. Meski praktis (sekali gesek, langsung bayar), menggunakan kartu debit/kredit secara terus menerus bisa membuat miskin dalam sekejap, karena biaya tagihan yang membengkak. Alih-alih menggunakan kartu debit/kredit, ada baiknya kamu menggunakan uang tunai untuk membayar. Biasanya saat kita memakai uang tunai, kita punya rasa sayang berlebih pada uang yang kita pakai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengatur keuangan dan tahu batasan pengeluaran yang akan kamu keluarkan.

  • Memakai Games Berbayar

Saat ini games sedang sangat digandrungi oleh banyak orang. Tidak hanya yang gratis, games yang berbayar juga diminati. Mereka rela berlangganan dan membayar untuk menikmati permainan tersebut. Hal itu tentunya membuat kita harus menyisihkan uang setiap bulan atau minggu untuk membayarnya. Tapi coba pikirkan lagi, apa kita akan menghabiskan uang dan waktu hanya untuk sebuah games? Padahal mungkin uang untuk games tersebut bisa kita gunakan untuk kebutuhan lainnya. Intinya, kita harus bijak menggunakan uang!

  • Tidak Menjaga Pola Hidup Sehat

Tidak ada orang yang mau sakit. Setuju? Karena sehat itu mahal. Bayangkan saja, saat kamu tidak menjaga pola hidup sehatm kita akan mudah sakit dan akan mengeluarkan uang lebih untuk pergi ke dokter. Di mana yang kita tahu bahwa biaya rumah sakit saat ini terbilang mahal. Oleh sebab itu, menjaga pola hidup sehat itu penting. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

  • Tidak Membawa Botol Minum Sendiri

Membawa botol minum dari rumah bisa menjadi cara mudah untuk menekan pengeluaran. Sebab kita bisa menghemat membeli air minum di luar. Selain itu, untuk para pencinta kopi, ada beberapa kedai kopi yang memberikan potongan harga jika kamu membawa tempat minum sendiri. Jadi, tidak ada salahnya mulai sekarang membawa botol minum/tumblr milikmu dari rumah. Bisa menghemat, kita juga bisa membantu kehidupan makhluk hidup di bumi dengan mengurangi sampah plastik.

 

Selanjutnya: gaya hidup yang tidak sesuai dengan penghasilan bisa membuatmu miskin. Oleh sebab itu, 4 cara ini bisa membantumu tetap memiliki uang meski gaya hidup tetap berjalan.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR