5 Kebohongan yang Boleh Lakukan di Tempat Kerja

5 Kebohongan yang Boleh Lakukan di Tempat Kerja
SHUTTERSTOCK

Apakah kamu sering melakukan kebohongan selama bekerja? Jangan takut, karena ternyata ada lima kebohongan yang boleh kamu lakukan di tempat kerja. 

Tanpa bermaksud untuk menuduh, kamu pasti pernah melakukan kebohongan selama bekerja. Benar? Berbohong di lingkungan kerja adalah salah satu kesalahan terbesar yang berisiko menghancurkan karier seseorang. Oleh sebab itu, banyak orang yang menghindari hal tersebut. Namun ternyata tidak semua kebohongan itu negatif, ada beberapa jenis kebohongan yang bisa menjadi kunci untuk kamu bertahan bahkan sukses di tempat kerja. Bukan mengajarkan untuk berbohong tapi Woop hanya ingin menyarankan untuk pintar memanipulasi kebenaran yang sebenarnya kamu sedang alami. 

  • Kebohongan #1: Sebenarnya Kamu Tidak Percaya Diri

Yep, sebenarnya yang terjadi dikehidupan nyata adalah kamu tidak memiliki rasa percaya diri. Namun tenang, kamu bisa memanipulasi hal tersebut dengan berbohong. Cara yang paling mudah adalah dengan berpakaian lebih menarik dan memperhatikan bahasa tubuhmu dengan baik. 

Menciptakan persepsi bahwa kamu selalu 100% yakin dengan keputusan profesional dan bisa memegang kontrol penuh pada aspek dalam hidupmu menjadi hal terpenting yang harus dilakukan. Kolega dan atasan tidak perlu tahu bahwa sebenarnya kamu sedang gugup saat sedang melakukan presentasi di depan klie. Jika kamu berhasil meyakinkan mereka, bisa jadi perlahan-lahan kamu juga akan mempercayai kebohonganmu sendiri. Fake it until you make it!

  • Kebohongan #2: Kamu Orang yang Tidak Rapi

Penampilan yang rapi itu diwajibkan! Bahkan bukan hanya itu saja, keadaan meja kerja yang rapi juga dibutuhkan. Saat meja kerjamu terlihat berantakan membuta terlihat kurang kompeten. Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar meja tampak rapi dan memberi kesan positif seperti misalnya meletakkan tanaman kecil menunjukkan bahwa kamu berniat mengembangkan diri di perusahaan itu untuk jangka waktu panjang.

  • Kebohongan #3: Kamu Tidak Merasa Hasil Pekerjaan Rekan Kerjamu Sebagus Itu

Salah satu hal yang dapat meningkatkan kepuasan kerja seorang karyawan adalah hasil kerja diapresiasi oleh banyak orang dengan baik. Tidak ada yang salah jika kamu sesekali meningkatkan moral rekan kerjamu yang sedang down dan membuatnya kembali bersemangat dengan memuji kerja kerasnya. Meskipun hasil pekerjaannya sebetulnya tidak terlalu bagus. Selain itu, perhatikan juga hal-hal yang perlu dibedakan antara mengapresiasi usahanya yang maksimal, dengan mengapreasias hasil kerja yang maksimal.

  • Kebohongan #4: Kamu Tidak Suka Beramah Tamah Dengan Rekan Kerja

Suka atau tidak, interaksi sosial adalah aspek terpenting yang harus kamu lakukan di tempat kerja. Jika kamu bukan tipe orang yang senang basa-basi, tapi bukan berarti kamu tidak bisa ramah. Memberikan salam dan menyapa orang terlebih dahulu sesekali, mengajak berbincang, tersenyumlah, dan ladeni sedikit percakapan singkat bisa kamu lakukan. Bila kamu tidak ingin berlama-lama, katakanlah dengan sopan kalau kamu sibuk dan sedang dikejar deadline.

  • Kebohongan #5:Kamu Sedang Mencari Pekerjaan Baru

Yep, jika kamu sedang mencoba mencari pekerjaan baru, cobalah untuk tidak membicarakannya dengan semua orang yang ada di kantor. Karena tidak semua atasan bisa mentolerir aksi ‘sembunyi-sembunyi’ ini. Jika ketahuan, loyalitasmu akan dipertanyakan dan bukan tidak mungkin kamu langsung diminta untuk keluar saat itu juga. Begitu pula dari sisi hubunganmu dengan rekan kerjamu. Meskipun kamu menganggap mereka teman baik, jangan beri tahu seorang pun di tempat kerja mengenai pencarian kerja yang sedang kamu lakukan.

Selanjutnya: Apakah kamu sedang merasakan stres yang berkepanjangan? Jika iya coba lakukan beberapa hal ini untuk meredakan stresmu.