5 Tips Dekorasi untuk Apartemen Kecil: Ukuran Bukan Segalanya

5 Tips Dekorasi untuk Apartemen Kecil: Ukuran Bukan Segalanya
ISTIMEWA

Kuncinya: sedikit kreativitas.

Berapa banyak sih, cermin yang bisa digantungkan di apartemen kecil untuk memberikan efek "ruangan lebih terbuka?" 10? Rasanya kok agak mengerikan ya, seperti berada di Ruangan Kaca ala film Divergent—bukan rumah sendiri. 

Trik kaca tersebut memang tepat digunakan, tapi ada tips lain yang akan membuat apartemen mini baru/lamamu seperti mendapatkan hembusan nafas baru. 

1. Mulai dari Nol 

Jika sebelumnya kamu tinggal dengan orangtua, tinggalkan semua hal yang tidak penting di sana. Atau jika ini adalah apartemenmu yang kesekian, buang semua "sampah" yang kamu koleksi selama ini. Pasalnya, penting untuk menggantikan beberapa furnitur dengan kualitas yang lebih bagus. Terlebih, kamu membutuhkan semua meter persegi di apartemen baru tersebut. 

2. Realistis Itu Penting

Kamu yang paling tahu kebiasaan dan rutinitasmu selama 24/7. Misalnya, jika selama ini sebenarnya kamu selalu makan di depan televisi di ruang tamu, logikanya adalah tidak dibutuhkan meja besar di dapur. Cukup sediakan meja lipat yang sewaktu-waktu bisa digunakan saat ada tamu berkunjung. Bersikap realistis dan praktis seperti ini akan membuatmu lebih efesien dalam memaksimalkan setiap sudut apartemen. 

3. Berikan Kode Warna

Apartemenmu hanya memiliki dua atau tiga ruangan? Coba berikan personalitas pada setiap ruangan dengan kode warna yang berbeda. Hal ini akan membuat perasaanmu berbeda setiap kali masuk ke dalam sebuah ruangan. Personalitas mereka dapat diciptakan mulai dari pemilihan warna cat dinding sampai warna pernak-pernik dekorasi. 

4. Ukuran Furnitur Itu Krusial

Aturan paling penting: beli furnitur yang ukurannya tepat untuk ruangan kecil. Memang butuh pemikiran dan pengukuran, tapi kerja kerasmu tidak akan sia-sia saat semua furnitur "yang sepertinya sudah ditakdirkan menjadi bagian hidupmu" menghiasi apartemenmu. 

5. Cari Item Multifungsi 

Saran yang satu ini sudah kamu dengar jutaan kali, tapi memang penting untuk diaplikasikan terutama saat mendekorasi ruangan kecil: beli item yang multifungsi untuk menghemat ukuran. 

Ada beberapa cara melakukannya, misalnya dengan memanfaatkan vertical space di atas sofa atau meja. Ada banyak ruang kosong di sana yang bisa digunakan untuk menggantung lampu, lemari kecil, atau lukisan/foto-foto yang sayang jika dibuang. Hebatnya lagi, ini akan membuat ruangan di apartemenmu lebih hidup dan berkarakter.