6 Barang yang Perlu Dibeli Saat Musim Diskon Tiba

6 Barang yang Perlu Dibeli Saat Musim Diskon Tiba
ISTOCK

Seorang ahli finansial berbagi tips seputar hal-hal yang harus dibeli saat musim diskon tiba, termasuk waktu Lebaran.

Tidak hanya akhir tahun saja yang identik dengan sale season, saat Lebaran diskon pun bertebaran di mana pun kamu berada. Banyak dari kita yang beranggapan bahwa musim sale merupakan waktu yang tepat untuk menggunakan uang secara berlebihan. Padahal jika kita adalah seorang smart buyer maka sale season ini merupakan momen yang tepat untuk berbelanja barang-barang tertentu saja, dianggap menjadi suatu bentuk penghematan. Lho kok bisa? 

Seorang senior fiduciary adviser dari Janus ID, Farah Dini Novita menyebutkan daftar barang yang bisa kita beli saat ada sale season dan dianggap sebuah penghematan. Berikut adalah daftarnya.

  • Hadiah ulang tahun

img

Jika ada beberapa anggota keluarga atau sahabat terdekat yang akan berulang tahun dalam waktu dekat, dan memang sudah menjadi rutinitas kita untuk memberikan kado, maka sale season adalah saat yang tepat untuk membelinya. Contohnya, manfaatkan kesempatan saat beauty stores membuat gift set produk tertentu mereka untuk hadiah yang sudah dikemas cantik dan rapi.

  • Fashion Item

img

Daripada kamu belanja baju dan aksesoris setiap bulan, tidak ada salahnya untuk menabung terlebih dahulu dan langsung belanja lebih banyak ketika musim sale. Tidak jarang saat sale season, harga branded items bisa turun dengan cukup signifikan. Jadi tidak ada salahnya menahan diri untuk belanja dulu demi mendapatkan barang dengan kualitas lebih baik dan harga yang lebih terjangkau.

  • Cookware

img

Suka memasak? Apakah banyak alat masak yang diincar tetapi terlalu mahal dan tidak sesuai dengan budget yang kamu miliki? Coba cek selama musim sale ini! Biasanya akan ada promo-promo menarik yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah koleksi alat memasakmu.

  • Home Décor

img

Ingin mengganti suasana rumah dengan furnitur baru atau aksesoris-aksesoris yang menarik dan multifungsi? Atau hanya sekedar ingin mengganti bed sheet, bantal, handuk, dan sebagainya? Keep your eyes on some of home decor stores as they might have interesting offer to give you.

  • Elektronik

img

Untuk pasangan muda yang baru pindah rumah atau perlu mengganti beberapa peralatan elektronik di rumah, sale season biasanya memberikan penawaran diskon untuk peralatan elektronik seperti televisi, kulkas, microwave oven, dan lain sebagainya.

  • Sport Attire

img

Untuk pecinta olahraga, sale season biasanya memberikan penawaran diskon yang cukup besar untuk pembelian perlengkapan olahraga, dari pakaian, sepatu hingga aksesoris untuk olahraga favorit. Perlukah kamu membeli semua barang di atas? Tentu saja tidak. Sesuaikan lagi dengan kebutuhanmu dan dana yang memang sudah disiapkan. Pastikan dana tersebut tidak mengganggu tabungan atau investasi tujuan keuangan milikimu.

Selamat berbelanja! Be a smart shopper.

Selanjutnya: Pastikan 5 perlengkapan ini ada di dalam tasmu agar tetap tampil maksimal meski angin topan melanda.