Friday, 21 September 2018

6 Tren Makanan yang Akan Heboh di Tahun 2019

img detail
ISTOCK

Siapkan diri, dan Instagram.

Rutinitas setiap (hampir) akhir tahun yang tidak akan pernah berubah: prediksi apa yang akan trendi di tahun setelahnya. Kita memang sangat visioner, ya! Dan berbicara tahun 2019, tren makanan yang mendominasi adalah segala sesuatu yang lebih sehat dan lebih ramah lingkungan. Yeaaay, akhirnya kemungkinan resolusi wajib tahunan "hidup lebih sehat" terlaksana, yah... 80% lah, ya. Optimis–dan siap-siap melihat dan mengisi Instagrammu dengan enam tren ini. 

1. SUPER DUPER LOKAL

Lupakan mereka yang menjajakan kudapan internasional, di berbagai tempat di dunia akan semakin banyak resto yang menyajikan rasa lokal, menggunakan bahan-bahan yang hasil produksi lokal dan dalam negari, entah itu sayuran, buah-buahan, daging dan ikan. Mengapa? Para pelanggan berpikir bahwa lokal = segar, dan juga senang membantu petani dan pebisnis lokal. 

2. BUBUK DENGAN KEKUATAN SUPER 

Tidak hanya bubuk matcha, tahun depan kita lihat semakin banyak bubuk super (baik untuk kesehatan dan bernutrisi) dijadikan bahan memasak, misalnya maca (umbi-umbian), chaga (jamur) dan spirulina (ganggang laut). Untuk menikmatinya, silakan tambahkan di sup, smoothies, dan kopi. 

3. PEGAN DIET

Pola diet terbaru? Diet Pegan, yang merupakan kombinasi diet Paleo dan vegan. Diperkenalkan oleh Dr. Mark Hyman, direktur medis di Cleveland Clinic Center for Functional Medicine dan penulis terkenal, diet ini berfokus pada makanan berbahan dasar tanaman, lemak baik dan rendah karbohidrat. 

4. SEDOTAN KREATIF

KFC sudah melakukannya. Begitu pula Starbucks. Walt Disney. Dan masih banyak lagi merek yang memproklamirkan #StopSucking. Intinya, jaman sekarang, tidak bagus lingkungan = tidak keren. Termasuk, sedotan plastik. Itulah sebabnya musiim ini dan musim mendatang akan bermunculan berbagai jenis sedotan yang lebih ramah lingkungan, dari yang terbuat dari besi yang bisa ditekuk, dan yang bisa dimakan. 

5. TIDAK BERSISA

Atau jangan sampai ada yang terbuang. Tahun 2018 ini memanfaatkan sisa makanan adalah salah satu topik yang paling dibahas di dunia gastronomi. Oleh karenanya, tahun depan, dan tahun-tahun setelahnya kita akan melihat lebih banyak tempat makan dan chef membuat menu lezat dari segala yang ada di dapur sehingga tidak ada bahan yang berakhir sia-sia di tempat sampah.

6. GORENG-GORENGAN 

Memang tahun depan semakin banyak orang berniat untuk mengonsumsi makanan sehat, tapi di sisi lain goreng-gorengan tidak akan mengaku kalah begitu saja. Segala sesuatu garing, renyah dan kriuk-kriuk tetap menjadi bagian tren—hanya saja tanpa minyak goreng. Melainkan, menggunakan panas oven, hot air fryer atau dehidrator agar makanan tersebut tidak mengandung terlalu banyak lemak, sehingga tingkat kenikmatannya lebih tinggi minus rasa bersalah. 

Selanjutnya: kamu harus tahu nasi yang kabarnya mengandung sedikit kalori ini. 

 


MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR