8 Hal Ini Terlihat Kecil, Tapi Sangat Berarti bagi Seseorang yang Depresi

8 Hal Ini Terlihat Kecil, Tapi Sangat Berarti bagi Seseorang yang Depresi
ISTOCK

Remeh, tapi penuh makna. 

Membingungkan dan membuat putus asa memang karena temanmu yang sedang mengalami depresi itu menolak membicarakan apa pun tentang kondisinya. Namun kamu perlu ingat bahwa, "depresi (major depressive disorder) adalah penyakit medis yang awam dan serius yang memberikan efek negatif pada apa yang kamu rasakan, cara berpikir dan tindakanmu," jelasAmerican Psychiatric Association. Berita bagusnya: depresi bisa diobati. Dalam kehidupan sehari-hari, depresi menyebabkan kesedihan dan/atau kehilangan minat melakukan aktivitas yang disukai. Juga merasa tidak berharga. 

Faktanya, satu dari enam orang bisa mengalami kondisi ini satu waktu dalam hidupnya. Ini artinya, kamu atau seseorang yang dekat denganmu bisa merasakan depresi. Apa yang harus kamu lakukan? Huffington Post bertanya kepada orang-orang yang pernah mengalami depresi tentang bagaimana cara teman dan anggota keluarga bisa meringankan beban mereka. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan kepada temanmu yang sedang mengalami kondisi ini. 

1. Dengarkan tanpa berusaha memberikan solusi. 

2. Bantu membereskan pekerjaan rumah (cuci pakaian, piring kotor, membersihkan rumah)

3. Alih-alih bertanya 'apa yang bisa kulakukan', cobalah lebih spesifik saat menawarkan bantuan. 

4. Tolong bersabar (orang yang mengalami depresi pun sedang berusaha keras untuk melalui masa yang sulit ini). 

5. Kirimkan pesan atau DM lucu karena akan menghibur mereka. Mungkin tidak akan dibalas tapi bisa membuat mereka tersenyum. 

6. Jangan diambil hati saat mereka tidak membalas pesanmu. Mereka bukannya sombong tapi sedang berusaha bangkit. Jadi, jangan kapok. 

7. Berikan pelukan atau pegang tangan mereka saat mereka tidak ingin mengobrol. 

8. Ingatkan mereka bahwa "it’s OK to not be OK sometimes." 

Selanjutnya: Di lain sisi, ada yang namanya stres positif dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.