Thursday, 22 November 2018

9 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Setiap Kali Liburan

img detail
ISTOCK

H.A.R.U.S.

Terdengar terlalu indah untuk menjadi sebuah kenyataan, tapi ini benar: kamu sudah tahu mau liburan kemana (Lonely Planet menyarankan negara ini), dan (yang paling penting) dana tersedia. Yeaaay! Lalu, apa selanjutnya? Woop menyarankan (mungkin sedikit memaksa) untuk memastikan melakukan hal ini kemana pun tujuan travelmu. Kalau tidak, yah... dijamin liburan tidak akan berkesan. 

  • GUNAKAN TRANSPORTASI UMUM

Lupakan mobil pribadi. Beralihlah ke transportasi umum, khususnya bus, untuk menjelajahi tempat liburanmu. Menggunakan transportasi umum, kamu akan tahu kehidupan harian orang lokal, dan percayalah ada banyak pengalaman dan pemandangan unik sepanjang perjalanan. Jangan lupa bawa peta, jaga barang-barang berharga, dan cari tahu aturan tertulis/tidak menggunakan transportasi publik: apakah normal mengobrol, makan/minum, dsb. 

  • MENGOBROL DENGAN PENDUDUK LOKAL

Aman dan nyaman memang untuk tetap tinggal di dalam resort (mewah) atau hanya melancong ke objek-objek wisata sejuta umat. Namun, jangan lewatkan kesempatan untuk berbicara dengan warga lokal. Tidak tahu mulai dari mana? Tanyakan rute jalan atau rekomendasi tujuan wisata yang bagus tapi sepi pengunjung dari warga lokal (termudah adalah staf hotel tempatmu menginap). 

  • PERGI KE PASAR LOKAL

Yep, magnet kulkas dan gantungan kunci memang sovenir paling tidak menyusahkan, terutama jika kamu harus memikirkan oleh-oleh untuk 100 orang. Namun hei, traveling merupakan kesempatan yang tepat untuk mencari sesuatu yang bisa menjadi memento perjalananmu. Jadi, buka GoogleMap, atau tanya penduduk lokal tentang pasar lokal dan belilah sesuatu yang akan membuat hati 'aw' setiap kali melihatnya.

  • BACA KORAN

Coba alihkan penglihatan dan jarimu dari ponsel, dan baca koran lokal. Dengan membaca surat kabar harian, kamu bisa mendapatkan informasi yang belum diketahui tentang isu terkini tempat tersebut. (Di banyak negara tersedia koran gratis yang biasanya ditumpuk di stasiun kereta.) 

  • NIKMATI MAKANAN LOKAL

Pernah mencoba Haggis? Memakan makanan khas Skotlandia ini mungkin akan membuatmu merasa seperti salah satu kontestan Fear Factor, tapi hei... icip-icip sedikit (satu sendok teh) cukup untuk mengetahui rasa makanan ini yang dianggap mengerikan. Plus, dijamin likes, comments akan mencapai ribuan ketika kamu memposting fotonya di Instagram-mu. 

  • TERSESAT...

Hmm... sedikit menakutkan, tapi akan menjadi sebuah petualangan seru yang tidak akan dilupakan. Saat tersesat (dengan syarat masih di dalam kota—bukan perkebunan jagung, baterai ponsel terisi penuh, dan ada jaringan internet) terkadang kita malah bisa menemukan tempat seru (hidden gem) yang masih langka manusia.

  • DATANG KE FESTIVAL DAERAH

Jika waktu kedatanganmu bertepatan dengan hari besar atau perayaan daerah/negara tersebut, jangan dilewatkan. Sekali lagi, pastikan absenmu penuh. 

  • HORMATI TRADISI LOKAL 

Jangan sampai predikat orang Indonesia tercoreng. Sebelum perjalananmu, bekali diri dengan frasa-frasa dasar, etika sopan santun daerah setempat. Jika PR ini belum berhasil diselesaikan, beli kamus kantong di bandara dan pelajari—kebanyakan orang lokal akan menghargai usahamu, meski terbata-bata. 

  • CICIPI KEHIDUPAN MALAM

Entah kamu burung hantu atau burung kutilang, energi setiap tempat biasanya berubah begitu matahari tenggelam. Tergantung tempat dan selera, tapi intinya kehidupan malam harus memiliki beberapa aspek ini: live music, ramai, heboh, remang-remang (dan alkohol). Percantik diri dan nikmati malammu. 

Selanjutnya: Alat makeup apa yang akan ada di tasmu saat liburan? Bisa dipastikan kamu membutuhkan sesuatu yang tahan lama dan tidak membuat bibir kering, seperti 11 lipstik matte terbaik ini

 

 


MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR