Adakah Waktu Paling Tepat Mengirimkan Lamaran Kerja?

Adakah Waktu Paling Tepat Mengirimkan Lamaran Kerja?
ISTOCK

SUPAYA DIBACA!

Sudah ratusan surat lamaran dikirimkan, tapi tidak ada balasan. Ini membuatmu bertanya-tanya (dengan emosi): jangan-jangan emailmu tidak pernah dibaca? Tahan diri dulu, jangan putus asa, karena ternyata ada cara yang jitu untuk memperbesar kemungkinan mimpimu bekerja di sana menjadi kenyataan, yakni mengirimkannya di saat yang tepat. Dan, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh TalentsWorks ada waktu sempurna alias ideal untuk melamar pekerjaan. 

Disimpulkan: aplikasi yang diterima setelah pukul 19.30 merupakan lamaran yang paling memiliki kesempatan untuk dipanggil wawancara. Sementara menurut penelitian ini, segala aplikasi yang dikirimkan setelah pukul 16.00 jarang sekali ditindaklanjuti. (Edan!) Jadi, jika kamu ingin aplikasi yang sudah disusun dan didesain sepenuh hati dan raga itu dibaca, TalentWorks menyarankan untuk mengirimkannya antara pukul 6 sore dan 10 malam. 

Alasannya: sangat sederhana, karena hal ini akan memastikan email dan resumemu berada di urutan atas inbox HRD keesokan paginya. Masuk akal memang, karena kebanyakan dari kita biasanya membuka dan membaca email di pagi hari. Dan kalaupun lamaranmu belum tersentuh di jam tersebut, berdoa yang banyak. Pasalnya, menurut penelitian ini jam makan siang juga merupakan salah satu momen orang-orang menekuni email mereka. Jadi, pasang alarm sekarang juga dan kirimkan emailmu tepat pukul 19.30.