Friday, 01 March 2019

“Aku pikir, aku menikah dengan pria yang salah…”

img detail
iStock

Apa yang harus dilakukan ketika menikah dengan pria yang salah? 

Sebenarnya tak ada yang salah di sini. Mungkin lebih tepatnya menikah dengan pria yang kurang sesuai harapan dan prinsip hidup kita. 

Berdasarkan penelitian dari buku 'How Not to Marry the Wrong Guy’, 30% perempuan sebenarnya sadar menikahi pria yang salah di hari-H pernikahannya.

“Banyak perempuan berpikir, ‘Ya Tuhan, aku menikah dengan pria yang salah’, di hari pernikahannya,” ujar sang penulis buku Jennifer Gauvain.

 

 

Menurut data dari Jennifer Gauvain dan rekannya Anne Milford, 51% perceraian bahkan terjadi karena menyesal dengan pria yang salah. Duh! Perceraian bisa menyebabkan stres dan depresi pada perempuan jadi jangan sampai kamu mengalaminya ya. 

Ketika kamu berpikir menikah dengan pria yang salah, jangan langsung buru-buru memutuskan berpisah. Psikolog dari India, Rachana Awatramani, mengatakan bahwa pernikahan adalah investasi jangka panjang baik dari segi emosi, waktu, dan banyak hal lainnya. Pernikahan juga melewati berbagai fase dan membutuhkan upaya sadar masing-masing untuk mencapai tujuan bersama.

Mungkin kamu sedang stres dan berpikir kalau suami berubah sikap serta semakin hari semakin tidak cocok. Ini bisa menyakitkan ketika melihat bahwa orang yang kamu nikahi kini tak ‘tertarik’ dengan dirimu lagi bahkan keluarga kecilmu.

Sebelum memutuskan berpisah, Rachana menyarankan, “Pertama, saya akan memintamu untuk memahami kapan dan mulai dari mana pikiran tersebut muncul? Kapan perubahan dari dirinya terjadi? Kedua kamu bisa berbicara dengannya tentang tanggung jawab bersama dalam pernikahan serta memahami apa tujuan bersama yang bisa kamu lakukan sebagai tim.”

Jika belum bertemu titik cerah maka tak ada salahnya berkonsultasi ke psikolog pernikahan untuk menyelesaikan masalah. Kamu juga disarankan mempertimbangkan kepentingan bersama dan lebih banyak menghabiskan waktu berdua untuk membangun kepercayaan se rta memahami satu sama lain dengan lebih baik. 

 

Selanjutnya: Penting buatmu memilih pria yang tepat. Punya pasangan yang tepat dan perhatian bisa buat kamu panjang umur?


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR