Monday, 11 March 2019

Alanda Kariza: Pasanganmu Pengaruhi Kariermu, Maksudnya?

img detail
iStock

Penulis sukses Alanda Kariza bersabda, kamu perlu bertemu orang yang tepat kalau mau sukses. Maksudnya?

Memangnya sepengaruh itu ya pasangan terhadap karier? Jawabannya YA! Ketika pasangan tidak satu prinsip dengan dirimu maka akan sulit menggapai kesuksesan dalam hidup. 

Seperti yang dikatakan Alanda Kariza dalam acara BincangShopee di Universitas Atma Jaya. Penulis buku ’Sophismata’ itu menuturkan kalau keputusan memilih pasangan akan mempengaruhi kesuksesanmu di masa depan. Menurut , pasangan dan karier bukanlah pilihan melainkan harus berjalan selaras.

“Menurut saya buat perempuan yang mau menikah, siapa pasangan kita menjadi keputusan karier yang sangat penting. Pastikan pilihan hidup kita cocok dengan apa mau kita lakukan secara profesional. Jadi nggak ada pertanyaam lagi kalau sudah punya anak gimana, boleh bekerja lagi atau nggak ya? Seharusnya nggak bisa dipilih antara hubungan dan karier, mereka harus berjalan bersamaan,” papar Alanda Kariza saat diwawancara Woop beberapa waktu lalu.

 

 

Alanda Kariza mengaku sering mendapat pertanyaan dan curahan hati penggemarnya di media sosial. Terkadang para perempuan harus ‘berpisah’ demi mengejar karier. Ketidaksamaan prinsip dalam mengejar kesuksesan membuat hubungan percintaan tak bisa dipertahankan.

Alanda Kariza merasa itu tidak bisa dibenarkan maupun disalahkan. Seharusnya ada kompromi untuk dapat bernegosiasi bagaimana kamu dan pasangan ingin mengejar mimpi. Hal tersebut perlu didiskusikan sebelum menikah.

“Kadang-kadang kalau perempuan nggak jadi bos rata-rata bukan karena mereka nggak bisa tapi pilihan mereka misalnya ingin di rumah saja. Sukses itu pilihan sih.”

Selain memilih pasangan yang tepat, Alanda Kariza menyarankan untuk meningkatkan kepercayaan diri di mana dan kapanpun kalian berada. Jangan lupa memanfaatkan teknologi yang bisa membantumu menggapai sukses.

Dan saran Alanda Kariza satu lagi, jangan lupa daratan. Kamu perlu mendengarkan kritik orang lain dan memperbaiki diri. Ketika ada yang mengkritik, jangan langsung kesal. Namun cermati, evaluasi diri, dan lakukan perbaikan di masa depan. 

 

Selanjutnya: kamu mau sukses berkarier? Jawab pertanyaan ini dulu ya…


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR