Wednesday, 09 January 2019

Amankah Menggunakan Satu Sikat Gigi Bersama Pasangan?

img detail
ISTOCK

Hiii.. seram!

Mungkin, kamu beranggapan bahwa saat sudah menjadi suami istri bisa melakukan apapun bersama-sama. Mulai dari makan sepiring berdua, tidur berdua, pokoknya semuanya berdua. Memang tidak ada yang salah, tapi sebagai seorang manusia pastinya kita memiliki batasan masing-masing yang semua orang tidak boleh mengganggunya. Benar? Yep, termasuk dalam menggunakan sikat gigi. Meski yang menggunakan pasangan kita sendiri, sikat gigi menjadi benda paling 'sensitif' untuk digunakan bersama. Mengapa? 

Menurut drg. Patria Legawa Anggadinata, seorang dokter gigi dari RS Intan Husada, Garut, Jawa Barat, menggunakan sikat gigi bersama dengan pasangan tidak disarankan. “Iya, karena tidak aman dan sebaiknya memang harus dihindari penggunaannya. Selain itu, cukup berbahaya, karena bisa menyebarkan penyakit melalui sikat gigi yang digunakan.”

Ingat: dilarang dan memang tidak boleh! 

Memang, apa saja dampak yang bisa ditimbulkan?

“Jika penggunaan sikat gigi bersama, kita tidak tahu dan sulit mendeteksi jikalau orang yang menggunakannya mempunyai penyakit menular. Dampak ringannya adalah penyebaran bakteri dari sesama pengguna. Sedangkan, dampak terberatnya jika penyakit menularnya telah menetap di sesama pengguna,” katanya.

Hii.. berarti sangat berbahaya. Meskipun begitu, kita juga tidak ingin menularkan atau ditularkan penyakit meski dari pasangan kita sendiri. 

Dalam sebuah studi kasus yang diterbitkan oleh Nursing Study and Practice menemukan bahwa sikat gigi banyak mengandung bakteri penyebab penyakit dan virus seperti Staph, E. coli, dan Pseudomonas. Bahkan, kamu juga bisa tertular penyakit periodontal atau herpes oral, jika menggunakan sikat gigi bersama dengan penderita. 

Patria mengatakan bahwa setiap orang memiliki kondisi mulut yang berbeda-beda. Sehingga, bakteri sekecil apapun yang masuk ke dalam mulut tidak akan bisa terlihat. Ia juga menyarankan untuk, "jika memang tidak sengaja menggunakan sikat gigi pasangan (maupun sebaliknya) lebih baik langsung menggantinya dengan sikat gigi yang baru. Agar hal yang tidak diinginkan, tidak terjadi."

Selanjutnya: Sepenting itu menjaga kesehatan mulut, sehingga kamu harus tahu cara menghilangkan bau mulut. 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

 

 

 

 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR