Apakah Kamu Berani Mencoba Tren Ini?

Apakah Kamu Berani Mencoba Tren Ini?
ISTIMEWA

Pink suit? Hmm... 

"Sirkus" level internasional bernama pekan mode sudah dan sedang dimulai. Hah! Disebut "sirkus" karena efeknya mirip, misalnya a) memakau dan bikin takjub, dan b) membuat pusing (jika akrobat dan atraksi tanpa takut adalah sumber penyebabnya di sirkus), dengan potongan dan gaya baju yang sebagian besar sepertinya mustahil diaplikasikan di dunia nyata (harusnya ada disclaimer yang sama seperti saat pemain sirkus berakrobat di panggung pekan: "jangan coba ini di rumah).

Dari sirkus sungguhan biasanya buah tangannya misalnya adalah lolipop dan balon, sementara dari pekan mode dan gaya para tamu yang duduk dengan ekspresi (sebenarnya) peduli tapi "pura-pura tidak peduli" cendera matanya berupa tren. Dan dari sekian banyak gaya yang tumpah di ajang tersebut, berikut beberapa tren yang diramalkan akan merajalela dalam beberapa bulan ke depan. Pertanyaannya sekarang, beranikah kamu mencoba memakainya dari rumah dan beraktivitas? Tentunya, dengan disclaimer: apa pun yang terjadi setelahnya, ditanggung penuh oleh si individu. 

SLIT-HEM PANTS

img  

Dua dari pekan mode paling heboh sudah usai (New York dan London), dan menyusul Paris dan Milan. Dari London Fashion Week satu hal yang sedang menjadi buah bibir adalah koleksi perayaan 10 tahun sepak terjang Victoria Bekham di dunia mode. Yep, koleksi rancangannya banyak dipuji, tapi yang tidak kalah gegap gempitanya adalah celana yang dipakai personil Spice Girl (mantan atau masih menjadi anggota, ya?) saat turun dari tangga dan membungkuk. Bentuknya seperti ini: skinny flare dengan gaya terbuka di bagian hem depan. Berniat mencoba memakainya ke kantor minggu ini? Kenakan dengan flat atau sepatu hak tinggi. Belum punya celana seperti ini? Ambil celana lama, dan (jika berani, konsekuensi ditanggung sendiri) silakan merobek bagian hem bawah depan. 

ANIMAL-PRINT SOCKS

img  

Kamu barangkali sudah mendengarnya dari teman, tetangga, pasangan, bosmu, dan Woop (semoga) bahwa motif binatang semakin mengaum dengan kencang beberapa minggu belakangan. Kamu (mungkin) sudah memakai atasan atau roknya, tapi apakah berani naik ke level berikutnya, alias kaus kaki bercorak zebra, ular, harimau, atau macan tutul? Jika iya, pasangkan dengan sepatu Oxford kebanggaanmu atau (dengan sengaja) biarkan mengintip sedikit di bawah celanamu, atau pakai dengan rok dan open-toe sandals untuk efek "siap-menghadapi-klien-seganas apa pun". 

HIKING BOOTS

img  

Tidak ada hubungannya dengan naik gunung, bukit atau jalan-jalan di hutan. Tren walking/hiking boots lebih berhubungan (jauh) dengan gaya yang sepertinya "disponspori" penuh oleh Justin Bieber, yakni semakin "jelek" saat bersafari di jalanan kota, semakin Instagrammable. Dan menurut Lyst, pencarian terhadap hiking boots meroket hingga 43% dalam dua terakhir ini, dengan Ganni, Moncler dan Off-White sebagai merek paling dilihat. Jika kamu merasa merek tersebut terlalu sayang "kena becek dan lumpur", cari alternatif lain yang lebih ramah kantong, lalu pasangkan dengan slip dresses atau tie-dye skirts.

PINK SUIT

img  

Ini bisa jadi terlihat bagus di Instagram, tapi di kehidupan nyata membuatmu (mungkin) terlihat seperti kloningan Barbie dengan gaya "Day-to-Night" yang populer di tahun 1980an. Namun terima dengan kalem atau histeris plus agresif, pink suit masih menjadi bagian tren di musim gugur ini, dengan alasan karena memancarkan sisi feminitas dan rasa percaya diri yang tinggi, strukturnya lembut, dan memang enak dilihat. Jika kamu menolak dibandingkan dengan Elvis Presley, Mick Jagger, Elton John, Rod Stewart atau istri-istri ala Stepford saat memakainya ke kantor, padu padankan dengan trainer, flat brogues, sweter rajutan tipis. Hanya ingin memakai blazernya saja? Jeans, midi dress, dan gray wide-leg curdoray adalah jodohnya. 

Bulan September tidak selalu gampang dilalui, bikin mabuk, terutama karena menjadi titik pergantian tren yang seperti tidak ada habisnya. Selain yang di atas, ini beberapa tren basi yang juga perlu kamu tahu—dan tinggalkan musim ini.