Apakah Kuning Telur itu Sehat untuk dikonsumsi?

Apakah Kuning Telur itu Sehat untuk dikonsumsi?
ISTOCK

Masih menjadi pertanyaan dari banyak orang: apakah kuning telur itu baik untuk dikonsumsi? Woop akan membahasnya untukmu.

Siapa yang tidak suka dengan telur? Jawabannya sudah pasti banyak yang suka. Telur merupakan bahan makanan yang gampang kita temukan dimana saja dan kapan saja. Sepiring omelete atau telur orak arik bisa membuat perutmu kenyang. Namun, kebanyakan orang lebih suka memakan putih telur dibandingkan dengan kuningnya. Alhasil, kuning telurnya dipisahkan atau malah dibuang begitu saja. Alasannya, karena kuning telur banyak mengandung lemak, dan bisa membuat gemuk. Apakah itu benar? Apa saja sih sebenarnya manfaat dari kuning telur?

dr. Monica Joice Viona Parasvita, M.Gizi, SpGK., seorang Dokter Gizi, mengatakan: “Kuning telur memang mengandung lemak dan kolesterol. Namun, konsumsi telur dalam jumlah wajar disertai asupan tidak tinggi lemak dari bahan makanan sumber lain tidak akan menyebabkan kegemukan. Jadi kegemukan bisa terjadi jika makan kuning telur secara berlebihan.”

img

Walaupun kita masih terkesan bimbang antara memakan kuning telur atau tidak, tapi sebenarnya apa saja manfaat kuning telur? “Manfaat kuning telur itu mengandung banyak zat gizi lain seperti retinol atau vitamin A, selenium, zinc, leticin, serta kolin. Selain itu, kegunaan zat gizi tersebut bisa membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan mata, dan lainnya. ”

Karena banyaknya manfaat  yang terkandung dalam kuning telur, maka mulai sekarang jangan menyia-nyiakan kuning telur untuk dimakan. Namun, dr. Monica pun mengingatkan: “Jangan pernah untuk mengonsumsi kuning telur secara mentah, karena berbahaya dapat terkontaminasi bakteri. Harus dengan proses pemasakan dengan suhu tinggi sampai matang, hal itu akan mematikan bakteri. Konsumsi kuning mentah tidak dianjurkan untuk bayi, anak, orangtua, ibu hamil, dan orang yang sedang tidak lagi sehat.”

“Tapi jika memang mau mengkonsumsi kuning telur secara mentah, sebaiknya kamu memilih telur yang sudah diproses pasteurisasi. Jadi, mengkonsumsi kuning telur dengan jamu itu sebenarnya tidak dianjurkan.”

Ohiya satu lagi, konsumsi kuning telur hanya perlu dibatasi, tapi bukan dihindari, khususnya untuk orang-orang dengan risiko penyakit jantung dan penyakit metabolik lainnya. Untuk orang yang sehat, mengkonsumsi telur satu sampai dua butir perhari,” tutup Monica.

Selanjutnya: ingin mendapatkan wajah yang flawfess setiap hari. Coba lakukan 5 cara berikut