Aturan Makan di Restoran Saat sedang Diet

Aturan Makan di Restoran Saat sedang Diet
iStock

Sedang diet tapi diajak teman makan di restoran? Ikuti aturan ini ya jika tak mau dietmu gagal.

Saat kamu mencoba menurunkan berat badan maka mengonsumsi makanan buatan rumah menjadi cara terbaik untuk mengawasi asupan kalori harianmu. Namun terkadang kamu tidak dapat menghindari makan di luar bersama teman dan keluarga.

Sudah menjadi rahasia umum kalau sebagian besar makanan di restoran kekurangan nutrisi penting dan mengandung banyak kalori. Hal tersebut tentu bisa menyabotasi seluruh rencana penurunan berat badanmu. Jika tidak ingin merusak dietmu, berikut enam aturan yang dapat kamu ikuti saat makan di restoran.

  • Tidak pergi ke restoran saat sedang kelaparan

Sebaiknya kamu tidak pergi ke restoran saat perut lapar. Kelaparan dikaitkan dengan pilihan makanan yang tidak sehat. Pergi ke restoran dengan perut kosong akan membuatmu makan berlebihan. Ambil apel sebelum pergi ke restoran dan minum beberapa kali sambil makan.

img

  • Cari tahu menu makanan sebelum datang ke restoran

Ini selalu baik dilakukan. Dengan melakukan riset sebelum pergi ke restoran maka kamu bisa mencari makanan sehat lebih dulu dan berpikir jernih. Jauhi makanan yang digoreng atau menggunakan krim. Tidak hanya itu, ingat kamu perlu selalu memilih makanan rendah kalori. Nah saat kamu sampai di restoran, patuhi apa yang sudah kamu rencanakan untuk dimakan sambil menelusuri menu.

  • Jangan ragu untuk meminta mengurangi porsinya

Jika kamu akan mengonsumsi makanan yang penuh kalori maka jangan takut untuk meminta mengurangi porsinya. Jika hanya dengan menukar beberapa ‘item’ makanan sederhana dari piring maka lakukanlah.

Misalnya kamu meminta sayuran goreng menjadi direbus. Saat hidangan yang ingin kamu makan penuh dengan keju, minta staf untuk menaruh lebih sedikit. Dengan membuat beberapa perubahan cerdas dan sederhana, kamu tetap memiliki makanan yang ingin dikonsumsi.

  • Pesan Duluan

Tak ada salahnya memesan makanan lebih dulu dibandingkan temanmu yang masih menelusuri menu. Peneliti menemukan bahwa seseorang bisa dipengaruhi oleh pilihan makanan orang lain. Dengan mengutamakan pesananmu maka kamu akan cenderung memilih makanan sehat dan tidak terpengaruh rekanmu.

Selanjutnya: perhatian! Ini enam tanda kamu kurang minum air putih! Apa kamu mengalaminya?