Monday, 24 December 2018

Bagaimana Memotong Poni Sendiri (Dan Tidak Menyesal 5 Menit Kemudian)

img detail
ISTOCK

Hasil konsultasi kepada ahli.

Kamu memutuskan memotong ponimu sendiri. soalnya tidak punya waktu atau dana terbatas (ludes membeli kado akhir tahun) ke salon. Ada dua kemungkinan: kamu berhasil, atau rasa bangga memudar dalam hitungan lima menit. ?Untuk menghindari konsekuensi kedua, Woop mengunjungi Aar Yazuar, seorang penata rambut dan makeup artist dari Aar Yazuar Hair and Beauty Salon, Kemang, Jakarta Selatan.

Sebelum meraih gunting dan zap zap zap, menurutnya ada empat prinsip yang harus kamu perhatikan sebelum memotong poni:

1. Rambut Harus Basah

Jadi, rambut basah atau rambut kering? "Sebenarnya, dua-duanya bisa. Namun, yang lebih penting saat memotong poni adalah dalam keadaan rambut basah agar poni lebih mudah di-styling," ujarnya. 

2. Kenali Bentuk Wajah

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah bentuk wajahmu. Aar berpendapat bahwa bentuk wajah menjadi sebuah hal penting saat kamu ingin memotong poni. Pasalnya, akan menentukan seberapa pendek, seberapa panjang dan jenis potongan seperti apa yang diinginkan.

Bocorannya seperti ini: 

Wajah berbentuk hati: poni ringan dan berlayer. 

Wajah berbentuk kotak: poni bulat dan lembut. 

Wajah berbentuk bulat: poni garis lurus (hindari poni bulat).

Wajah berbentuk oval (dengan dahi lebar): poni belah tengah.

Wajah berbentuk oval (dengan dahi kecil): poni super pendek.

3. Hindari Memotong Poni Sepanjang yang Kamu Inginkan

Begini: misalkan kamu ingin memotong poni sepanjang alis mata, maka jangan langsung dipotong sepanjang alis. Untuk memastikan jarak dan panjangnya aman, potong poni beberapa senti meter lebih ke bawah (contohnya, sejajar dengan pangkal hidung. Ini untuk mencegah potongan poni terlalu pendek (ingat, rambutmu dalam keadaan basah dan akan memendek saat mengering). 

4. Potong Poni dengan Benar

Tidak mudah memang memotong poni agar terlihat rapi dan bagus. Sering kali yang terjadi adalah poni yang terpotong lebih pendek; alhasil, tidak sesuai dengan keinginan. Untuk itu, Aar memberikan cara memotong poni yang benar:

“Saat kamu menginginkan poni sepipi, tariklah rambut (basah) ke bawah, potonglah rambut di bawah bibir. Jadi, ketika dia kering dan di-styling, potongan ponimu akan tetap se-pipi. Sedangkan jika kamu ingin poni semata, tariklah rambut ke bawah, dan potonglah pada ujung hidung. Cara memotongnya fleksibel, bisa dari kanan ke kiri, atau sebaliknya. Cara terbaiknya adalah memotong dari bagian tengah rambut (di antara pangkal alis)," sarannya. 

Oh, pastikan juga gunting yang kamu gunakan tajam dan berkualitas bagus (apalagi jika ini adalah pengalaman pertamamu). Dan satu trik yang patut diingat: setelah beberapa potongan, stop, sisir poni, dan jauhi kaca untuk mengevaluasi bentuk poni. Ini akan membantumu mendapatkan poni yang sesuai dengan keinginan hati. 

Selanjutnya: Itu tips menghindari salah potong poni; sementara ini adalah kesalahan-kesalahan yang harus kamu hindari agar alismu enak dilihat (olehmu dan orang lain). 


MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR