Bisa Tularkan Penyakit, Jangan Pinjamkan Barang-barang Ini ke Orang Lain

Bisa Tularkan Penyakit, Jangan Pinjamkan Barang-barang Ini
iStock

Wahai perempuan, jangan pinjamkan deretan benda ini ke siapapun termasuk anggota keluarga karena dampaknya bisa buruk untukmu!

Bukan berarti pelit, ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dipinjamkan ke siapapun. Ini demi kesehatan kulit dan kebersihanmu. Ada kalanya meminjamkan barang tanpa berpikir bisa menyebabkan implikasi kesehatan yang serius.

Jadi tidak peduli seberapa besar hati yang kamu miliki, ada hal-hal tertentu yang sebaiknya disimpan hanya untuk diri sendiri. Berikut daftar barang yang disarankan untuk tidak dipinjamkan ke orang lain. 

  • Earphone

img

Mungkin tak masalah bagimu meminjamkan earphone ke teman.. Namun sebaiknya tidak lagi melakukan hal tersebut. Alasannya cukup sederhana, kita semua memiliki jenis kuman dan bakteri tertentu yang berkembang biak di dalam kotoran telinga. Jadi ketika kita membaginya dengan teman atau rekan kerja, itu sebenarnya dapat menyebabkan infeksi telinga yang berpotensi buruk. 

  • Lipstik, Lip Balm, dan Sumpit

img

Ladies, mungkin kamu sering berbagi lipstik maupun lip balm dengan teman. Atau sering meminjami kekasih sumpit yang biasa digunakan? Tapi tahukah kamu bahwa berbagi pulasan bibir tersebut sebenarnya bisa menyebarkan infeksi seperti herpes?

Sekalipun kamu satu-satunya yang punya lipstik, kami sarankan untuk membersihkan lapisan atas lipstik atau sumpit dengan pembersih dari waktu ke waktu. Ini demi menjaganya tetap bersih serta menghilangkan kotoran maupun kuman di bagian ujungnya.

  • Sisir

img

Banyak dari kita yang meminjamkan sisir atau sikat rambut kepada teman dan keluarga. Bagi yang belum tahu, berbagi sisir sebenarnya dapat menularkan kutu hingga infeksi kulit kepala. Tipsnya, buatlah jadwal untuk mencuci sisir dan sikat rambut setidaknya sekali seminggu untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menumpuk di atasnya.

  • Handuk

img

Suka berbagi handuk badan atau wajah dengan rekan terdekat? Berbagi handuk menjadi hal yang dilarang bahkan ketika anggota keluarga meminjamnya. Alasan di baliknya cukup sederhana, handuk sebagian besar digunakan untuk menyerap kelembapan dan keringat dari tubuh seseorang. Jika sering berbagi tanpa mencucinya lebih dulu, tidak perlu seorang jenius untuk mengetahui bahwa hal tersebut dapat menyebabkan infeksi kulit.

  • Sabun Batang

img

Kamu masih pakai sabun batang walaupun itu digunakan buat pembersih muka? Sabun batang lebih banyak bakteri dan menumpuk di atasnya. Kamu lebih disarankan menggunakan sabun cair terlebih lagi jika sabun tersebut sudah digunakan orang lain.

  • Maskara dan Bedak Wajah

img

Meminjami maskara maupun bedak muka harus dihindari dengan cara apa pun. Bahkan jika kamu pergi ke salon untuk bersiap-siap, pastikan mereka menjaga kebersihan produknya. Pengaruhnya bisa langsung terjadi pada wajahmu, entah jerawat atau ‘benjolan’ di area mata.

Nah, apa kamu termasuk perempuan yang sering meminjami barang-barang di atas? Mulai sekarang, batasi ya demi kesehatanmu.

Selanjutnya: yuk berkenalan dengan Sandra Shehab. Kontestan America’s Next Top Model (ANTM) pertama yang mirip Kim Kardashian. Baca ulasannya di sini.