Benarkah Olahraga Buat Orang Lebih Bahagia Dibandingkan Uang?

Benarkah Olahraga Buat Orang Lebih Bahagia Dibandingkan Uang?
ISTOCK

Kok bisa olahraga membuat kita lebih bahagia dibandingkan dengan uang?

Hobimu berolahraga? Woop bisa jamin kamu adalah orang yang memiliki kesehatan mental yang baik. Olahraga memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan, ternyata olahraga juga bisa membuatmu lebih bahagia daripada uang. Masa sih?

Menurut penelitian Yale dan Oxford, kesehatan mental jauh lebih penting dari pada status ekonomi. Dalam studi yang dipubliksikan di The Lancet, para ilmuwan mengumpulkan data tentang perilaku fisik dan suasana hati lebih dari 1,2 juta orang Amerika.

Peserta diminta untuk menjawab pertanyaan, 'berapa kali kamu merasa sehat secara mental dalam 30 hari terakhir, misalnya, karena stres, depresi, atau masalah emosional lain?'. Para peserta juga ditanya tentang aktivitas fisik. Mereka dapat memilih 75 jenis aktivitas fisik, mulai dari, bersepeda, mengasuh anak, memotong rumput, dan lari.

img

Mereka yang lebih aktif cenderung lebih bahagia. Para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang berolahraga secara teratur hanya mengalami hari buruk sekitar 35 hari setahun. Berbeda dengan peserta yang tidak aktif, mereka akan mengalami hari buruk 18 hari lebih banyak.

Meski demikian, bukan berarti semakin banyak olahraga yang kamu lakukan akan semakin membuat dirimu bahagia. Hanya saja saat tubuh tetap aktif berolahraga maka mentalmu lebih sehat dan merasa bahagia. 

Terlalu banyak berolahraga juga dapat merusak kesehatan menta lhol. Menurut Adam Checkroud dari Yale University, “Aktivitas fisik hanya berkontribusi pada kesejahteraan mental jika dilakukan dalam kurun waktu tertentu, 30 hingga 60 menit per minggu adalah idealnya.”

Jadi mulai sekarang lakukan olahraga dengan porsi yang benar ya. Jangan cari uang mulu dan olahraga dilupakan. Siapa di antara kamu yang masih merasa 'berat' berolahraga dengan alasan sudah lelah bekerja?

Selanjutnya: Mau tahu rahasian kecantikan artis korea? Cari tahu disini.