Berapa Banyak Rambut Rontok Bisa Disebut Normal?

Berapa Banyak Rambut Rontok Bisa Disebut Normal?
ISTOCK

Jangan panik dulu. 

Sebut ini paranoid, tapi kebanyakan kita hidup dalam ketakutan permanen bahwa rambut di kepala ini lama-lama hanya akan tinggal satu helai. Bagaimana tidak, setiap pagi kita disapa dengan gumpalan rambut rontok di lubang saluran air di kamar mandi? Atau ratusan menyangkut di sisir setiap hari? Setiap kali mengusap rambut, puluhan helai menempel di jari tangan. Merinding. Dengan harapan ketakutan ini akan hilang untuk selamanya, WOOP meminta bantuan Dr. Lilik Norawati, SpKK, FINSDV FAADV, ahli dermatologi dan Kepala Departeman Kulit dan Kelamin RSPAD Gatot Subroto, dan bertanya: Berapa banyak rambut rontok bisa dikategorikan "normal"? 

JAWABAN: 

Menurutnya, kerontokan rambut kepala dapat berlangsung secara fisiologis maupun patologik. "Kerontokan rambut dianggap masih dalam batas normal apabila jumlah rambut yang lepas 25-100 helai per hari. Hal ini terjadi karena sekitar 10-15% rambut kepala berada dalam fase istirahat (telogen), fase ini berlangsung kurang lebih 100 hari. Bentuk rambut pada fase ini menipis dan rapuh."

PENYEBAB RAMBUT RONTOK:

Dr. Lilik menjabarkan ada beberapa faktor fisiologik yang mempengaruhi kerontokan rambu, yakni termasuk hormon, gangguan metabolisme dan nutrisi, berkurangnya vaskularisasi, dan proses menua. Nah, jika situasinya adalah kerontokan melampaui batas normal tadi alias super duper rontok, maka penyebab bisa: penyakit kronik (autoimun, kanker), infeksi, pengobatan medis (kemoterapi), gangguan kejiwaan (psikosis, anxietas, obsesif kompulsif), stres psikis berkepanjangan, stres fisik (malnutrisi, operasi), kepang rambut yang ketat, dan obat (antikonvulsan, antikoagulan, antitiroid dll). Beliau menyarankan: "Apabila terjadi kerontokan berat, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebabnya dan segera mendapat penanganan yang tepat."

PERAWATAN RAMBUT RONTOK:

Saran penting dari Dr. Lilik adalah sebelum memilih produk perawatan rambut terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis kulit kepala dan penyebab kerontokan rambut tersebut. Lalu, "Sebaiknya pilih sampo yang diperuntukkan untuk rambut rontok. Biasanya kandungan bahan kimianya tidak terlalu kuat dan dilengkapi dengan vitamin, dan gunakan serum rambut yang mengandung vitamin. Selain itu hindari gonta-ganti gaya rambut, melakukan pola hidup sehat, dan mengkonsumsi makanan sehat untuk nutrisi rambut, kalau perlu tambahkan suplemen yang mengandung antioksidan." 

HASIL AKAN TERLIHAT: 

"Biasanya perbaikan terlihat setelah tiga bulan perawatan. Jika tidak, tentunya segera melakukan konsultasi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat."