Bisakah Kita Mempunyai Kulit Semulus Orang Korea?

Ini Rahasia Kulit Putih dan Glowing Orang Korea
Rahasia orang korea

Mari bertanya kepada seorang ahli kulit. Yuk disimak hasil interview apa rahasia orang Korea.

Tanpa ba bi bu be bo lagi, mari bertanya: apakah kulit kita (yep, kamu dan saya) Bae Suzy, Song Hye Kyo, Taeyeon atau Yoona SNSD? Pasalnya, kita (yep, kamu dan saya) sudah dan sedang mencoba beberapa macam perawatan dan produk Korea karena sangat berharap dan bermimpi bisa memiliki kulit semulus dan sebersinar mereka. Atau paling tidak sepertiganya. Makanya juga kita rela dan rajin mengantri, membeli sampai menitip tetangga dan saudara (saat mereka Korea) demi memberikan kulit "secolek dan setetes" rahasia kecantikan ala perempuan Korea. 

“Bisa,” kata dr. Martha, sp.KK. M.Kes., seorang dermatolog dan venereolog, dari Siloam Hospitals, Kuta Bali. 

Serius? Aha, artinya tidak sia-sia usaha selama ini! “Bisa glowing tapi tidak akan bisa seputih orang Korea, karena tergantung dari genetik masing-masing individu,” sambungnya.

Ah. Yaaah. Memang, dari sisi iklim saja, kita dan Korea sangat berbeda. Contohnya, kita tidak memiliki musim salju (terima kasih, Tuhan!) Namun, apa sih, sebenarnya perbedaan fundamentalnya?

“Pada dasarnya sama secara anatomi," ujar Martha. "Hanya berbeda di kadar melanin atau pigmen. Kulit orang Indonesia memiliki melanin lebih banyak sehingga tampak lebih gelap,” lanjutnya. 

Trus, mengapa kulit orang Korea bisa terlihat lebih bersinar (istilahnya dalam dunia kecantikan: glowing) dibandingkan dengan kulit orang-orang Asia kebanyakan?

“Karena mereka melakukan perawatan yang intensif dan reguler. Namun, pada kenyataannya, tidak semua orang Korea terlihat glowing kulitnya lho,” ujarnya. Pastinya tergantung pada banyak faktor, dan yah, kerajinan. 

Jika kamu memang ingin mendapatkan kulit yang glowing,  Martha menyarankan untuk menggunakan produk perawatan utama, yaitu terdiri dari sabun, krim pagi yang mengandung tabir surya dan moisturizer, ditambah krim malam untuk mencerahkan dan membuat kulit tampak glowing. “Produk harus dipilih dan disesuaikan dengan kondisi kulit individu. Untuk perawatan tambahan bisa dilakukan laser atau microneedling untuk membantu regenerasi kulit sehingga kulit terlihat lebih glowing,” papar Martha.

Intinya, tetaplah rajiin merawat kulit agar sehat. Jika hasilnya memang membuat wajah bersinar dan mulus—anggap saja itu sebagai bonus kombo.