Monday, 20 May 2019

Catat! Ini Waktu Terburuk untuk Makan yang Buat Dietmu Gagal

img detail
iStock

Apa kamu sedang diet? Tak hanya asupan makan yang penting diperhatikan tapi juga waktu makanmu.

Mengonsumsi makanan tepat waktu sama-sama penting ketika mencoba menurunkan berat badan. Jika kamu ingin mengurangi ‘kiloan’ dengan cepat maka harus makan di waktu yang tepat. Namun di antara jadwal sibuk dan tekanan kerja, kita sering makan siang di sore hari. Duh, faktor yang satu ini cukup untuk membuat dietmu rusak.

Ada waktu terburuk untuk mengonsumsi makanan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi makanan setelah pukul 15:00 dapat memperlambat proses penurunan berat badanmu. Kok bisa?

Penelitian dilakukan pada lebih dari 1.200 orang yang kelebihan berat badan di Spanyol. Ditemukan bahwa orang yang makan siang setelah pukul 15:00 mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Studi ini berfokus pada efek protein perilipin yang ditemukan dalam sel manusia dan diperlukan untuk proses pembakaran lemak. 

Orang-orang yang memiliki sedikit variasi genetik dari protein ini kehilangan berat badan lebih sedikit ketika mereka makan setelah pukul 15:00. Studi ini secara khusus menyebutkan orang-orang dengan susunan genetik tertentu. Namun penelitian lain yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity pada 2013 juga mengklaim hal serupa.

Penelitian lain menyatakan dengan jelas bahwa orang yang makan siang setelah pukul 15:00 membuat diet penurunan mereka gagal. Hal ini dibandingkan dengan orang yang makan siang sebelum pukul 15:00.

Mengapa pengaturan waktu itu penting?

Kita tahu bahwa ritme sirkadian tubuh merupakan jam internal yang mengatur siklus tidur dan bangun. Namun ritme tersebut juga memiliki dampak besar pada sensitivitas insulin kita. Mengonsumsi makanan ketika sensitivitas insulinmu rendah dapat membuatnya lebih sulit untuk memobilisasi lemak.

Meski demikian, para peneliti tidak menemukan hubungan antara diet penurunan berat badan dengan waktu sarapan maupun makan malam. Ini juga bisa karena penelitian dilakukan di Spanyol—di mana orang mengonsumsi sebagian besar kalori saat makan siang.

Lalu bagaimana dengan pengaturan waktu yang tepat untuk makan?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, tidak peduli seberapa sehat makananmu jika tidak makan pada tepat waktu akan sulit untuk menurunkan berat badan. Makan di waktu yang sama setiap hari akan membantumu menjaga keseimbangan antara jadwal makan dan ritme sirkadian.

Waktu makan yang tepat juga dapat membantumu mengelola metabolisme, berat badan, penyakit terkait obesitas, dan siklus tidur. Jadi ketika mencoba menurunkan berat badan, dianjurkan untuk makan di waktu berikut ini:

Sarapan: 06:00 hingga 10:00

Camilan pagi: 2 hingga 4 jam setelah sarapan

Makan siang: Sebelum pukul 15:00

Camilan sore: 2 sampai 4 jam setelah makan siang

Makan malam: antara pukul 17:00 hingga 19:00

Bagaimana dengan waktu makanmu selama ini?

 

Selanjutnya: kamu perlu tahu cara bermesraan dengan suami tanpa bersentuhan. Bagaimana ya?


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR