Dita Soedarjo: Perempuan Sukses Bukan yang Kaya & Populer tapi

Dita Soedarjo: Perempuan Sukses Bukan yang Kaya & Populer tapi
Dok. Alexander Suryo/Woop

Kata pengusaha Dita Soedarjo, perempuan sukses bukan yang kaya dan populer, tapi apa ya?

Dita Soedarjo berusaha memaknai arti Hari Kartini yang jatuh kemarin, Minggu (21/4/2018). Dita Soedarjo mengatakan bahwa perempuan sukses bukanlah yang hebat dalam pekerjaan maupun keluarga melainkan ada hal lain yang jauh lebih penting. Apa maksud mantan Denny Sumargo itu ya?

“Perempuan hebat bukan yang punya checklist dia kelihatan sukses dalam pekerjaan, di keluarga, di pergaulan, barangnya branded, followers socmed (social media) banyak, lakukan banyak charity, prestasi penghargaan banyak. Tapi perempuan hebat adalah perempuan yang bisa terima kenyataan dalam hidup. Yang bisa ikhlas, yang maafin orang, yang bisa hidup tanpa embel-embel masa lalu dan menyalahkan orang-orang yang pernah mengecewakan kita,” jelas Dita Soedarjo melalui Whatsapp dengan Woop.

img

Untuk itu, para perempuan tidak perlu berlomba-lomba demi menjadi kaya dan populer. Utamakan dulu bagaimana kamu bisa menghargai diri sendiri dan terima kenyataan akan hidup yang kamu jalani sekarang. Tidak perlu menyalahkan orang lain atas hidupmu karena semua menjadi tanggung jawab setiap masing-masing individu. 

Dita Soedarjo mengaku sering bertemu para perempuan yang merasa putus asa akan hidupnya. Masa lalu yang kelam membuat mereka trauma berkepanjangan hingga ‘menular’ pada anaknya kelak. 

Demi menjaga generasi yang sehat, Dita Soedarjo pun berpesan kepada seluruh perempuan Indonesia untuk berdamai dengan masa lalu pahit yang pernah terjadi dalam hidupmu. Maafkan semua orang yang pernah mengecewakanmu agar bisa hidup lebih baik di masa depan. Percayalah, memaafkan secara ikhlas bisa membantu kamu bangkit untuk menjadi perempuan hebat demi orang-orang yang kamu cintai.

“Ingat semua orang yang pernah mengecewakan kamu, meninggalkan kamu, menipu kamu, selingkuhin kamu, manfaatin kamu, atau masa kecil kamu yang nggak adil. Apa pun itu yang membuat kamu terluka dan mungkin bisa nggak percaya diri minder atau merasa dunia ini sudah kejam sama kamu. Hari ini coba ngomong di hati kecil, kamu mau maafin itu semua. Dan minta Tuhan doa dalam kepercayaan masing-masing bahwa hari ini, hari terakhir kamu menjadi korban atas situasi atau kesalahan orang lain terhadap kamu. Hari ini kamu brand new karena perempuan hebat adalah perempuan yang bisa berjuang membebaskan dirinya dari segala kekecewaan sakit hati. pengkhianatan, dan kegagalan,” papar Dita Soedarjo.

img

Dita Soedarjo turut mengimbau perempuan muda meneladani perjuangan Ibu Kartini yang mampu membuat terobosan dalam hidup. Ingat, jadi muda itu hanya sekali lho, jadi jangan disia-siakan. 

“Harus bisa maju ke depan membuat terobosan seperti ibu Kartini di masa lalu dalam pendidikan. Kamu pun dibuat Tuhan untuk membuat terobosan di setiap masing-masing bidang tapi kamu harus sembuh dulu dari semua yang terjadi di hari kemarin untuk menjadi kuat membantu perempuan lain. Karena semua cewek pasti ada traumanya atau sesuatu yang buat mereka nggak pede (percaya diri). Atau jadi takut dan tutup hati sehinggae merasa mreka itu gagal lah, dan nggak bisa tolong diri sendiri,” tandasnya.

Nah, itu kan menurut Dita Soedarjo. Bagaimana makna perempuan sukses di mata kamu?

Selanjutnya: Lakukan kebiasaan sederhana ini untuk membuat wajahmu selalu terlihat segar dan awet muda. Mau malam atau pagi hari bisa dilakukan, ladies.