Friday, 18 January 2019

Duh! Ini yang Terjadi Saat Kamu Pakai Makeup ke Gim

img detail
ISTOCK

Menggunakan kosmetik saat berolahraga ternyata memiliki dampak negatif buat wajah kamu. Duh! 

Perempuan suka pakai makeup saat berpergian termasuk hanya untuk ke rumah kebugaran. Kamu pasti juga ya? Jangan diulangi lagi sebaiknya jika tidak ingin kulit bermasalah. Salah satunya berjerawat.

Duh, jerawat membandel memang bikin kamu tidak percaya diri. Makanya jangan terapkan makeup saat pergi ke gim. 

Meski riasan sebenarnya dipulaskan saat ke kantor lalu pulangnya baru berolahraga namun kamu tetap disarankan menghapus makeup terlebih dahulu. “Kombinasi antara keringat dan pori-pori yang terbuka membuat kosmetik masuk ke dalamnya. Kosmetik menyebabkan kerusakan permukaan kulit dan menimbulkan jerawat, peradangan, serta infeksi parah,” ujar dermatologis asal Australia, Dr Natasha Cook. 

Hiii... tentu kamu tidak mau bukan? Makanya jangan pakai makeup saat olahraga ya kalau tak mau berjerawat. 

Natasha menjelaskan, kulit butuh bernapas ketika olahraga sehingga sangat tidak disarankan wajah berlapis makeup. Ketika itu terjadi maka hanya akan membuat kulit wajahmu ‘rusak’.

“Masalahnya kalau makeup-nya berat bisa menyumbat folikel dan pori-pori. Tambahan keringat maka bisa menyebabkan infeksi folikel yang dikenal sebagai folliculitis," katanya. 

Ketika kamu ingin menggunakan riasan wajah, jangan semua dipakai. CC krim menjadi pilihan terbaik karena ringan. Pakai serum juga diperbolehkan lebih disarankan yang mengandung Alpha hydroxy acid dan Beta hydroxy acid. BHA - A.K.A salicylic acid meresap ke dalam folikel dan membantu mencegah timbulnya jerawat kata Dr Natasha lagi.

Setelah berolahraga di gym tentu kamu akan membilas diri. Nah, Dr Natasha lebih menganjurkanmu menggunakan sabuh pembersih wajah yang tak menghasilkan busa. Jika rentan berjerawat bisa menggunakan Cetaphil dan Benzac untuk mencuci wajah selama 30 sampai 60 detik. 

Selanjutnya: apakah bisa menghidrasi kulit tanpa menggunakan moisturizer? ini jawaban seorang ahli. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR