Duh, Tertidur Saat Keloni Anak Berisiko Bayi Meninggal

Duh, Tertidur Saat Keloni Anak Berisiko Bayi Meninggal
iStock

Coba jangan selalu biarkan bayi tidur bersamamu karena ternyata meningkatkan risiko bayi terkena SIDS. 

Tahukah kamu apa itu SIDS? SIDS singkatan dari sudden infant death syndrome atau sindrom kematian bayi secara mendadak. Ternyata, kebanyakan bayi yang meninggal mendadak saat tidur bersama orangtua mereka. 

Studi terbaru dari The Lullaby Trust menemukan bahwa 76% kejadian SIDS saat orangtua tidur dengan bayi mereka di ranjang yang sama atau tertidur ketika mengeloni anaknya. Ya, tidur di sebelah bayi bisa berbahaya terutama ketika kamu mabuk atau terlelap di sofa. 

Tertidur saat mengeloni bayi di sofa yang paling berisiko. Ini mungkin tidak terdengar seperti masalah besar tapi orang dewasa yang tertidur di sofa atau kursi berlengan bisa meningkatkan risiko SIDS alias kematian bayi mendadak sebanyak 50 kali.

133 meninggal dalam setahun di Inggris dengan situasi tidur bersama orangtua. Demi mengurangi angka itu, para peneliti mengimbau orangtua untuk tidak menempatkan bayi satu ranjang dengan mereka. Tidak hanya berisiko terguling menindih anak secara tak sengaja tapi ada sederet masalah lain. 

“Tidur bersama perlu didiskusikan dengan semua keluarga. Ini adalah kenyataan bahkan jika orangtua tidak berencana tidur bersama atau banyak yang masih tertidur dengan bayi mereka tanpa sengaja. Jika diberi nasihat yang tepat, orangtua bisa mempersiapkan tidur bersama dengan cara lebih aman dan mengurangi risiko SIDS,” ujar Jenny Ward selaku Acting CEO dari The Lullaby Trust.

Lalu, bagaimana cara tidur bersama yang aman bersama bayi?

  • Jaga agar di sekitar bayi tidak ada bantal atau selimut.
  • Bayi tidur tanpa bantal atau apa pun yang menyanggah kepalanya.
  • Hindari membiarkan hewan peliharaan atau anak lain satu tempat tidur dengan bayimu.
  • Pastikan bayi tidur jatuh dari tempat tidur atau terjebak antara kasur dan dinding.
  • Jangan pernah tinggalkan bayi sendirian tidur di kasur orangtua.

Selain itu, penting mengetahui beberapa keadaan di mana kamu sebaiknya tak sekasur dengan bayimu.

  • Ketika tubuhmu ada aroma rokok.
  • Setelah kamu minum alkohol.
  • Setelah kamu minum obat yang membuatmu mudah tertidur pulas.
  • Saat bayi lahir prematur (sebelum minggu ke-37) atau berat di bawah 2,5 kg ketika lahir. 

Selanjutnya: beralih ke politik, mungkin kamu mau tahu siapa saja sih artis cantik yang nyaleg di 2019. Artis ini baru terjun di 2019.