Entah Kenapa Ketika Kita Membeli Ini... Sering Kali Kekecilan

Entah Kenapa Ketika Kita Membeli Ini... Sering Kali Kekecilan
ISTOCK

Tips agar membeli ukuran yang benar. 

Jika kamu memiliki mata setajam Goldilocks, bersyukurlah—karena kemungkinan besar kamu bisa mendeteksi furnitur mana yang tepat untuk ruangan di rumah. Akan tetapi jika kamu seperti Woop yang sering kali menggosok kartu kredit tanpa tahu ukuran ruang kosong di ruang tengah—alhasil kekecilan—maka kamu sangat, sangat membutuhkan informasi ini. 

1. Lampu

Daya listriknya mungkin tidak masalah, tapi acap kali ukurannya lebih kecil (atau lebih besar) dari sentimeter persegi yang tersedia. Untuk menghindari kesialan yang sama terjadi, perhatikan ini: lampu meja seharusnya tinggi, paling tidak bagian bawah naungan bola lampu sejajar dengan pandangan mata saat duduk. Lalu, lampu gantung di atas meja (meja dapur atau makan) seharusnya cukup besar agar seimbang dengan permukaan di bawahnya (kira-kira 30cm lebih kecil dari diameter atau lebar meja di bawahnya). 

img

Lightology Satchel Table Lamp

2. Karpet

Karpet berukuran lebar memang membutuhkan ka-ching, ka-ching, dan ka-ching sehingga kemudian kita tergoda membeli yang lebih kecil. Demi berhemat. Akan tetapi, serius—secara sengaja kamu sedang mempersulit hidupmu ketika melakukan hal tersebut. Menambahkan 200-300 ribu akan lebih bisa diterima dibandingkan rasa sakit hati karena ujung karpet hanya menutupi bawah meja! Aturan dasarnya begini: sebagian besar ruang tamu membutuhkan minimal 8'x10' (sekitar 244 X 336cm)—atau 9'x12'—agar lantaimu terlihat harmonis. 

img

Esprit Karpet Bundar Motif Mandala

3. Pajangan Dinding

Oleh karena ingin memberikan sentuhan modern dan personal, kamu memutuskan mendandani dinding telanjang di ruang tamu dengan lukisan (misalnya). Sangat kami dukung! Hanya saja patut diperhatikan bahwa ukuran pajangan harus setengah atau 3/4 dari ukuran dinding yang tersedia. Selain itu, banyak yang berpendapat bahwa 0,57 adalah angka sakti. Ambil contoh: jika lebar dinding kosong di rumahmu adalah 120 inci, kalikan angka tersebut dengan 0,57; berarti lebar pajangan harus sekitar 68 inci. Artinya, lukisan atau dengan ukuran 40''x60'' (kira-kira 101x152cm) akan sempurna tergantung di dinding tersebut. 

img

Amarah Bisu by Elka Alva

Selanjutnya: Tidak hanya furnitur kekecilan (kebesaran), terkadang kita membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Contohnya, tujuh benda ini