Fenomena Hijab Bekas Ria Miranda yang Bisa Jadi Investasi

Fenomena Hijab Bekas Ria Miranda yang Bisa Jadi Investasi
Dok. Arina Yulistara/Woop

Karya Ria Miranda menjadi panutan sejumlah perempuan Indonesia. Bahkan hijab bekasnya saja bisa jadi investasi. Bagaimana bisa? 

Desainer busana muslim Ria Miranda selalu memiliki ciri khas sendiri dalam setiap mengeluarkan koleksinya. Dimulai dengan sentuhan warna pastel yang sangat feminin hingga kini lebih bold mampu menyemarakkan industri fashion muslim Tanah Air. 

Tak heran bila selama 10 tahun berkarya, Ria Miranda sudah memiliki komunitas loyal customer sendiri yang dinamakan RMLC (Ria Miranda Loyal Customer). Bahkan hijab bekas Ria Miranda saja bisa menjadi investasi lho

img

Dalam merayakan satu dekade Ria Miranda, desainer hijab berdarah Padang itu bercerita kalau ada sejumlah pelanggan yang laporan melalui Instagram pribadinya mengenai penjualan preloved hijab Ria Miranda. Harganya bahkan bisa dua kali lipat lebih mahal dibandingkan aslinya. Sudah mahal ada yang beli lagi…

“Sering dapat DM (direct message) ke Instagram dari loyal customer aku. Mereka protes langsung ke aku, kenapa nggakrestock produk yang lama lagi, dia bahkan beli dari orang lain yang dijual dari Ria Miranda Rp800 ribu atau dijual sama orang lain jadi Rp2 juta. Tapi ada yang beli kan aku juga bingung. Mereka sih bilang itu koleksi lama yang rare dan susah didapat,” cerita Ria Miranda saat menggelar bincang intim bersama media di Wyl’s Kitchen Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

Selain itu, Ria Miranda juga mengungkap kalau ada beberapa orang bisa menjual koleksi terbarunya yang belum diluncurkan ke publik. Berbagai cara ‘curang’ seperti hacker membobol server beberapa e-commerce yang bekerjasama dengannya untuk mendapatkan barang tersebut. Lalu dijual kembali dengan harga lebih tinggi.

Tidak hanya itu, Ria Miranda menuturkan kalau ia cukup ‘gerah’ dengan pelaku jastip (jasa titip). Ria Miranda terkadang mendapatkan komunikasi yang kurang menyenangkan dengan para pelaku jastip.

“Fenomena jastip juga sekarang suka nggak kira-kira. Ada yang sampai DM ke aku tanya gimana kalau mau jualan Ria Miranda. Katanya istrinya untung sampai Rp500 ribu per baju karena jualan Ria Miranda yang harganya pasti sudah di-mark up. Lah, kita saja untung satu baju nggak sampai segitu ya,” tambahnya.

Ria Miranda mengimbau pelanggannya untuk membeli koleksi dari situs resmi atau butiknya saja demi memberikan harga terbaik. Ria Miranda tidak ingin pelanggan kecewa karena membeli karyanya dari luar dengan harga yang jauh lebih tinggi hingga bisa merugikan mereka.

Ria Miranda juga berencana ingin memperbanyak stok busananya demi mencegah koleksi dijual lagi dengan harga berkali-kali lipat. 

"Yang rare item dari koleksi lama ini mungkin akan kita jual lagi tapi dengan kreasi baru. Karena aku memang tidak mau menjual yang lama lagi, maunya terus menciptakan yang baru saja. Mungkin reborn dari koleksi lama tapi dengan kreasi baru," tutupnya.

Selanjutnya: kamu harus punya salah satu, lima tas trendi pengganti kantong plastik.