Halima Aden, Model Berhijab yang Tampil di Majalah 'Seksi'

Halima Aden, Model Berhijab yang Tampil di Majalah 'Seksi'
Halima Aden, modelling for Sherri Hill at New York Fashion Week in February, also has her own line of clothing (JP YIM/GETTY IMAGES)

Halima Aden mematahkan stigma bahwa seorang muslim dan berkulit hitam tidak bisa menjadi model terkenal di Amerika.

Model Halima Aden membuat sejarah dengan menjadi wanita muslim pertama yang mengenakan jilbab dan burkini untuk majalah Sports Illustrated Swimsuit Issue. Setiap tahun majalah ini selalu mengadakan pemotretan bikini dengan model ternama seperti Tyra Banks, Christy Brinkley, dan Kate Upton.

Saat editorial majalah ternama tersebut bertemu dengan Halima Aden, ia langsung menyukainya dan mengajaknya untuk sesi pemotretan burkini. Tanpa berpikir panjang, Halima Aden langsung menerima tawaran tersebut. Bagi Halima Aden, ini adalah kesempatan langka untuk mengambil bagian dalam pemotretan tanpa mengorbankan moral dan nilai-nilai yang ada di dalam agamanya.

Saat pemotretan dilakukan oleh fotografer Yu Tsai, Halima Aden mengenakan dua burkini custom-made, salah satunya diciptakan oleh Cynthia Rowley. "Ketika kami diminta untuk membuat burkini khusus untuk Aden, saya merasa sangat tersanjung," kata Rowley dalam siaran pers.

“Aden membuat langkah dalam industri fashion melalui suaranya yang kuat dan dia sekarang menjadi model pertama dalam sejarah yang mengenakan burkini dalam majalah Sports Illustrated Swimsuit Issue. Momen ini secara khusus menandai kemenangan besar bagi pemberdayaan wanita, menghancurkan standar kecantikan Amerika (berkulit putih dan berambut panjang).”

img

instagram.com/halima

Dengan bangga Aden memposting hasil pemotretannya tersebut ke instagram miliknya dengan caption“Don’t change yourself .. Change the GAME!! Ladies anything is possible!!! Being in Sports Illustrated is so much bigger than me. It’s sending a message to my community and the world that women of all different backgrounds, looks, upbringings... can stand together and be celebrated.”

img

Halima Aden lahir di Kenya dan tinggal di camp pengungsi Kakuma sampai ia berusia tujuh tahun. Sebelumnya pernah mengikuti kontes kecantikan Miss Minnesota USA saat usiaya 19 tahun. Halima Aden mengenakan jilbabnya sepanjang acara.

Menurut Today Show dia juga mengenakan burkini selama bagian pakaian renang dari acara tersebut. Meskipun ia hanya berhasil sampai ke semi final kontes, Halima Aden akhirnya menandatangani kontrak dengan Model IMG. Sejak itu, dia mendapatkan berbagai tawaran iklan. Kini Halima Aden sudah memiliki hampir satu juta pengikut di akun Instagramnya.

Selanjutnya: Ingin tampil cantik seperti Kate Middleton? Cari tahu disini rahasianya.