Wednesday, 08 May 2019

Haruskah Berbagi Password Media Sosial dengan Pasangan?

img detail
iStock

Apa pernah bertengkar dengan pasangan karena password ponsel atau media sosial? Haruskah kita berbagi password?

Bagi sebagian pasangan, masalah ‘password' menjadi sangat penting karena terkait kepercayaan. Ketika salah satu mitra tidak ingin berbagi password ponsel mereka atau media sosialnya maka timbulah rasa curiga. 

Meski demikian, tak semua orang nyaman berbagi password ‘dunia pribadi’ mereka bahkan dengan pasangan sendiri—walaupun sudah menikah. Sementara beberapa orang merasa setelah menikah, semua hal milik pasangan juga menjadi bagian dari dirinya. Apa kamu salah satunya?

 

 

Duh, daripada terus diributkan, cobalah bertanya kepada psikolog atas jawaban ini. Dilansir dari Times of India, psikolog senior Shweta Singh mengatakan, tidak ada jawaban yang pasti atas pertanyaan ini. Jawabannya bisa harus atau tidak, tergantung kesepakatan bersama.

“Sebenarnya bukan masalah password-nya tapi tujuannya. Ketika kamu ingin mengetahui password pasangan, kamu perlu bertanya pada diri sendiri mengapa kamu membutuhkannya? Jika kamu menginginkan kata sandi karena tidak percaya pasangan maka ada masalah yang lebih besar untuk dilihat (bukan semata-mata karena tak mau berbagi password),” jelas Shweta.

Lalu bagaimana dengan ruang dan batasan dalam suatu hubungan?

“Apa yang mungkin baik untuk satu pasangan mungkin tidak demikian buat pasangan lainnya. Setiap orang memiliki definisi sendiri tentang privasi dan ruang pribadi dalam suatu hubungan. Misalnya temanmu dan pasangannya merasa nyaman berbagi kata sandi satu sama lain. Jika tiba-tiba, salah satu dari kalian mulai melindungi password dan mengunci beberapa aplikasi, itu pasti akan membuat orang lain curiga karena ada sesuatu yang salah,” kata Singh.

Tidak ada yang benar atau salah dalam suatu hubungan ketika hal ini terjadi. Jadi selama kamu dan pasangan baik-baik saja dengan batas-batas yang telah kalian tetapkan (baik berbagi password maupun tidak) hubungan akan berjalan harmonis. Jika ada masalah kepercayaan, termasuk soal password, opsi terbaik adalah mendiskusikannya secara langsung.

 

Selanjutnya: perhatikan wahai anak muda, ini kesalahan berinvestasi yang perlu kamu tahu! Apa saja ya? Simak artikelnya di sini


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR