Tuesday, 11 June 2019

Hindari 4 Sikap Ini Jika Tak Mau Dijauhi Teman Kantor

img detail
istock

Sering bekerja dalam tim? Jangan bersikap menyebalkan ya.

Mana yang lebih kamu sukai bekerja secara tim atau individu? Keduanya memiliki tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda. Jika bekerja secara individu, kamu berhak menentukan segalanya sendiri. Ketika pekerjaan tidak berjalan dengan baik hanya dirimu yang akan menanggung konsekuensinya.

Berbeda dengan bekerja dalam tim. Saat ada satu orang yang tidak bisa mengerjakan tugasnya dengan baik, makan semua anggota lainnya juga akan terkena imbasnya. Dilansir dari entrepreneur.com, ada enam sikap yang bisa kamu hindari saat bekerja dalam tim. Apa saja?

1. Mementingkan diri sendiri

Dalam sebuah tim, setiap anggota pasti sudah memiliki tugasnya masing-masing. Saat pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu sudah selesai, tidak ada salahnya untuk menawarkan bantuan kepada rekan kerjamu yang sekiranya dapat dibantu. Jangan merasa karena itu bukan tugasmu lalu kamu akan bersikap bodo amat. Pekerjaan akan lebih cepat selesai jika dikerjakan bersama. Toh kamu juga akan merasakan keuntungannya.

2. Kurangnya tanggung jawab

Berusahalah untuk bisa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Sebab pekerjaan setiap anggota timmu saling berkaitan. Ketika kamu tidak bisa menyelesaikan tanggung jawabmu dengan baik maka pekerjaan anggota timmu yang lain juga akan terpengaruh.

3. Menyalahkan orang lain

Jika kamu melakukan kesalahan cobalah untuk mengakui dan memperbaikinya. Timmu pasti akan menawarkan bantuan untuk bersama-sama mencari jakan keluar dan memperbaiki kekacauan tersebut. Jangan malah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kamu buat, tentu bisa membuatmu dijauhi rekan kerja.

4. Bossy

Satu hal yang harus ditanamkan ketika bekerja dalam tim, tidak ada atasan atau ketua. Jangan pernah melimpahkan pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggung jawabmu kepada orang lain, terutama memerintah timmu seenaknya. Jika kamu membutuhkan bantuan, mintalah secara baik-baik, karena sikap bossy hanya akan membuat semua anggota timmu kesal dan tidak ingin bekerjasama denganmu.

 

Selanjutnya: Bagaimana Lebaranmu dan kuanganmu? Jika keuanganmu sedang kritis pasca Lebaran, simak tips dari Woop untuk 'menyehatkan' kuanganmu kembali.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR