Wednesday, 13 March 2019

Hobi Belanja? Lakukan 5 Hal Ini Jika Tidak Mau Kehabisan Uang

img detail
ISTOCK

Siapa yang tidak hobi berbelanja? Semua orang akan menjawab iya, jika ditanya seperti itu. Apalagi bagi para perempuan, berbelanja adalah salah satu obat menghilang stres paling ampuh. Tapi bagaimana jika uang tidak sesuai dengan hobi? Apa yang harus dilakukan?

Rasanya tidak tahan untuk tidak berbelanja, khususnya saat diskon sedang ada dimana-mana. Namun karena sifat implusif, uang pun bisa dengan mudah hilang ‘ditelan bumi’. Kalau sudah seperti itu, irit menjadi cara terbaik untuk melanjutkan hidup. Eits, tunggu! Jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa hobi belanja adalah suatu hal yang buruk. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan berbelanja bisa mengobati stres. Meskipun begitu, kamu tetap harus bisa mengontrol keuangan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Nah, Woop akan memberikanmu tips mengolah keuangan buat kamu yang hobi belanja:

  • Hitung dengan Detail Pendapatanmu

Ini sangat penting! Tidak mau’kan kehabisan uang di awal bulan? Ada baiknya sebelum memutuskan untuk belanja, cobalah hitung dengan jelas dan detail berapa besar pendapatan/gaji kamu. Jika memang kamu memiliki pendapatan yang pas-pasan, jangan pernah memaksakan diri untuk membelanjakannya, apalagi secara berlebihan. Kamu hanya perlu memenuhi segala kebutuhan yang penting dan tetap harus menyisihkan sedikit gajimu untuk ditabung setiap bulannya. Hal ini penting dilakukan agar keuangan kamu tetap stabil, meskipun kamu memiliki hobi belanja.

  • Buatlah Anggaran

Membuat anggaran itu sangat penting dilakukan, agar kamu bisa menerka-nerka berapa uang yang akan kamu keluarkan setiap bulannya. Anggaran dibuat supaya hobi belanjamu tidak malah membebanimu. Belajarlah untuk disiplin dengan anggaran yang sudah kamu buat. Jangan memaksakan diri untuk belanja lebih dari jumlah anggaran.

  • Rajin Membandingkan Harga

Semua perempuan sering melalukannya. Yep, membandingkan harga dari satu tempat ke tempat lainnya. Meski membutuhkan usaha lebih, hal ini akan membuatmu tidak akan terjebak dengan ‘harga palsu’ yang ditawarkan. Pastikan juga untuk kamu mengetahui harga normal sebelum diskon.

  • Lakukan Pre-love Barang-barang Milikmu

Baju, sepatu, bahkan buku milikimu menumpuk di kamar? Sebelum kamu memutuskan membeli barang-barang baru, cobalah untuk mengurangi yang lama terlebih dahulu. Selain mendapatkan penghasilan lebih dengan menjual barang-barang lama, kamarmu juga akan terasa lega karena berkurangnya barang-barang yang ada sebelumnya. Tidak ada salahnya bukan, menjual sebagian barang yang sudah tidak kamu pakai lagi?

  • Buatlah Jadwal Belanja

Inginnya setiap waktu, namun apa daya uang tidak ada. Yep, oleh sebab itu, kamu disarankan untuk membuat jadwal belanja, hal ini penting untuk kamu mengatur keuanganmu. Jika kamu sering berbelanja, maka kamu akan semakin tergoda untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Ps: Jangan Implusif!

Selanjutnya: Perempuan selalu dianggap hanya bisa menghabiskan uang saja. Padahal saat ini banyak perempuan yang sudah sukses dibidangnya masing-masing dan menjadi bos. Namun menurut seorang Alanda Kariza, perempuan tidak bisa menjadi bos bukan karena bodoh, tapi ada alasan lainnya. Apa itu


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR