Ingin Harimu Lebih Produktif? Gunakan 'Not-To-Do List'

Ingin Harimu Lebih Produktif? Gunakan Not-To-Do List

Belajar dari CEO Twitter.

Apa kabar dengan "to-do list"-mu hari ini? Semoga lancar ya, dan tidak membuatmu jadi susah tidur. Dan ada satu lagi yang akan berpotensi meringankan hidup—atau memberatkan (tergantung dari sudut pandangmu) adalah membuat "wont-do list". Salah satu figur yang sudah bersumpah dua jari bahwa metode ini merupakan salah satu strategi terbaik untuk kesuksesannya—dan menjadikan harimu lebih produktif—adalah Jack Dorsey, CEO Twitter. 

Di Twitter (tidak mungkin di Facebook juga 'kan?) Dorsey membeberkan taktik pintar yang sudah dilakukannya selama bertahun-tahun—dan konon, menurutnya berfungsi dengan baik. "Setiap pagi, saya menuliskan checklist pekerjaan yang ingin saya lakukan hari itu, dan tugas yang tidak ingin saya kerjakan hari itu. Intinya lebih fokus pada usaha-usaha strategis, bukan hanya pada tugas-tugas biasa," tulis Dorsey. "Saya memberikan tanda "won't" sebelum tidur, dan pada masanya pekerjaan itu akan masuk ke dalam daftar 'do.'"

img

Pada daftar "do", Dorsey menuliskan tugas-tugas seperti meditasi, olahraga, dan mengecek kelanjutan percakapan yang sudah terjadi. Dan pada daftar "won't do", dia menyisipkan alkohol (tantangan #SoberOctober yang dilakukannya bersama teman dan saudaranya), dan memo yang pada akhirnya perlu diisi. Meski daftar "do" terkesan lebih krusial untuk diperhatikan, tapi sebenarnya tidak sesederhana itu. "Daftar 'won't do' sering kali lebih penting daripada daftar 'do,'" jelasnya. Namun, "dengan sengaja mengatur untuk tidak mengerjakan sesuatu, memberikan saya lebih banyak ruang untuk berpikir secara jernih dan bekerja, dan juga menjadi tidak begitu reaktif. Beberapa tugas akan tetap berada di daftar tersebut selama berhari-hari/berminggu-minggu/berbulan-bulan, beberapa hal lain saya pastikan untuk dikerjakan setiap hari." 

Masuk akal juga, ya. Ini terutama angin segar untuk kita yang sering kali berdarah-darah membuat to-do list (dan sulit menepatinya). 

Selanjutnya: Sama seperti Dorsey, Bill Gates dan Barack Obama juga selalu memastikan membaca menjadi kegiatan wajib setiap hari. Merasa tidak punya waktu melakukannya? Praktikkan aturan ini