Monday, 09 July 2018

Ini Alasan Mengapa Kulit Penting "Makan" Asam Amino

img detail
ISTOCK

Teman terbaik kulit.

Sama seperti sepak bola, berapa kali pun penjelasan tentang kenapa 22 orang mengejar satu bola—tetap saja "eh?" Begitu pula dengan beberapa bahan perawatan kulit: frekuensi mendengar, membaca, dan menempelkannya di kulit lebih dari tiga kali sehari tapi sulit mengingat "mengapa dipakai". Perkenalkan (lagi): asam amino atau amino acid. Banyak yang bilang, asam amino baik untuk kulit. Namun, sebenarnya kenapa baik? Woop bertanya kepada dr. Ruri D. Pamela, sp.KK, seorang dermatolog dari Departemen Kulit RS Dr. Sutoyo, Jakarta.

SEBENARNYA, APA ITU ASAM AMINO?

"Asam amino adalah komponen senyawa yang menyusun protein. Semua yang mengandung protein pasti merupakan asam amino. Asam amino dibutuhkan oleh tubuh termasuk juga organ kulit, untuk membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan juga jaringan ikat penting, misalnya, kolagen dan elastin," terang dr. Ruri. 

APA KEGUNAAN DAN MANFAATNYA?

Ahli kulit ini menjelaskan bahwa asam amino merupakan komponen yang membantu menyusun jaringan di dalam tubuh, termasuk kulit. "Kita tahu kulit saat menua akan banyak kehilangan elastisitas, akibatnya banyak jaringan yang menurun produksinya. Dengan asam amino maka produksi itu dipicu kembali."

ADA BERAPA JENIS ASAM AMINO DAN MANA YANG BAIK UNTUK KULIT? 

Asam amino dibedakan menjadi dua jenis, yaitu asam amino esensial dan non esensial. Penjelasannya adalah sebagai berikut: 

  • Asam amino esensial adalah asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh kita, tapi tidak dapat kita produksi sendiri sehingga harus menambahkannya dari luar, yaitu dari makanan. Misalnya histidin, leucin, dan sebagainya. Sumber asam amino esensial adalah protein hewani dan nabati (diary food, tahu, tempe).

  • Asam amino non esensial dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tubuh kita dapat memproduksinya sendiri, misalnya: alanin, arginin dan sebagainya.

"Sebetulnya, semua asam amino penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya untuk hidrasi atau kelembapan kulit, dibutuhkan asam amino yang merupakan penyusun dari natural moisturizing factors (NMF) pada kulit kita. Selain itu, asam amino juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan datang lebih cepat," terang dr. Ruri. 

TERNYATA, ASAM AMINO MEMANG SANGAT BERMANFAAT... 

“Iya, benar!” ujar Ruri. “Hampir semua produk kecantikan mengandung asam amino, karena asam amino merupakan kandungan dari sebagian besar moisturizer. Jadi, memang setiap kali menggunakan produk perawatan, kulit juga pasti sedang memakan asam amino,” tegasnya. 

 

MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR