Jangan Suka Nunda Pekerjaan! Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Produktif

Jangan Suka Nunda Pekerjaan! Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Produktif
istock

Sering menunda pekerjaan hanya akan menyusahkan diri sendiri lho..

Penelitian dilakukan oleh seorang profesor bernama Timothy Pychyl, di Carleton University, Ottawa, Kanada. Ia melihat procrastination sebagai perilaku lari dari tanggung jawab atas tugas yang menanti mereka. Tersimpan perasaan takut atau cemas sehingga untuk mengurangi hal tersebut, mereka memilih melakukan kesenangan yang memberi kepuasan sementara (gratifikasi). 

Studi lain juga dilakukan oleh psikolog DePaul UniversityJoseph Ferrari,menyebut ada dua alasan mengapa seseorang suka menunda-nunda pekerjaan. Pertama penundaan pekerjaan terjadi karena orang kerap merasa berada di suasana hati yang tak tepat saat mengerjakan tugas. Kedua ada asumsi yang meyakini bahwa perasaan bisa berubah dalam waktu dekat. Padahal tidak usah merasa harus dalam situasi hati tertentu untuk bisa lancar melakukan pekerjaan.

Lalu bagaimana cara menghentikan kebiasaan buruk menunda pekerjaan? Simak tips dari Woop berikut ini.

1. Jangan membuang waktu

img

Saat menunda pekerjaan, kamu harus ingat bahwa pekerjaan lainnya menunggumu. Berniat sedikit santai saat menunda pekerjaan justru akan membuat pekerjaan lainnya semakin menumpuk. Selesaikan pekerjaan yang bisa kamu kerjakan.

2. Buat daftar

img

Buat daftar pekerjaan dengan skala prioritas yang paling penting. Kemudian tempel catatan pekerjaanmu di tempat yang akan terlihat olehmu, seperti layar komputer, smartphone, buku agenda atau sticky notes di meja kerjamu.

3. Jauhkan hal yang kurang penting

img

Saat pekerjaanmu sedang padat, jangan biarkan konsentrasimu terganggu karena hal yang tidak penting. Jauhkan smartphone agar kamu bisa fokus untuk menyelesaikan pekerjaanmu terlebih dahulu. Jangan sampai kamu tergoda untuk membuka media sosial ya.

4. Kesampingkan urusan pribadi

img

Malas selesaikan pekerjaan karena hatimu sedang dalam keadaan tidak baik? hal itu pasti akan mengganggu pikiran dan konsentrasimu. Menurut Pychyl penulis buku Procrastinating, Health, and Well-being, “Kebanyakan dari kita percaya benar keadaan emosi harus pas saat mengerjakan tugas. Kamu harus meyakini bahwa anda jarang merasakan itu dan memang bukan masalah jika anda tidak merasakannya.” So, jika kamu ingin pekerjaanmu cepat selesai sebaiknya kesampingan dahulu urusan pribadimu.