Thursday, 18 October 2018

Jika Kamu Mendengar Ini Saat Wawancara Kerja... Kabuuur!

img detail
ISTOCK

Cari kerjaan lain.

Apa yang akan kamu lakukan jika saat wawancara kerja, si pewawancaramu memakai selendang Touch of Fur dari Fendi yang berbentuk vagina itu? Yep, jika tidak percaya dan penasaran dengan bentuknya, klik di sini (oh, harganya sekitar 15  juta dan saat menuliskan ini sudah sold out dan sepertinya dihilangkan dari situs Fendi karena "bebak belur" di Twitter). Kabur, atau sabar... lalu kabur? Pilihannya ada di tanganmu, tapi yang pasti publikasi Inc. baru-baru ini menegaskan bahwa jika kamu mendengar beberapa ucapan di bawah ini saat wawancara kerja, tarik nafas, sabar dan tetap tersenyum sampai sesi selesai, lalu... lupakan perusahaan itu. Lebih baik lamar ke tempat lain. 

1. "Apakah kamu masih singel, menikah atau punya pacar?" Nuh-uh, tidak selayaknya ditanyakan karena terlalu personal sehingga ada kemungkinan perusahaan tersebut tidak menghargai privasi karyawannya. 

2. "Apakah kamu yakin mau kerja di sini?" Eh–pertanyaan macam apa itu?

3. "Ok! Kamu diterima." Ini aneh karena baru pertama kali mereka sudah menerimamu. 

4. "Maaf, saya terlambat." Lalu ternyata, "saya belum sempat membaca resumemu." Atau, "maaf, sepertinya wawancara ini perlu dijadwal ulang." Satu kata: kabur.

5. "Lima menit. Saya harus mengecek ponsel saya." Seharusnya tanda 'orang kurang ajar' menyala dengan kencang di otakmu dan kemungkinan besar orang tersebut akan kurang ajar juga saat kamu bekerja di sana. 

6. "Kami adalah keluarga besar yang bahagia." Terdengar positif, tapi sebenarnya negatif. Arti kalimat tersebut adalah: karyawan adalah anak kecil yang tidak tahu apa-apa, harus dididik dan dihajar. 

7. "Apakah kamu mengecek email di rumah?" Dengan kata lain, si pewawancara ingin tahu apakah kamu bersedia bekerja 24/7. Ucapkan selamat tinggal kepada kehidupan seimbang. 

8. "Kami memiliki angka pergantian karyawan yang tinggi." Bahaya, karena kemungkinan besar suasana kantor tersebut tidak sehat sehingga banyak yang mengundurkan diri. 

Selanjutnya: Jika kamu mengatakan satu kata ini saja, suasana hatimu akan lebih tenang. 

 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR