Kabar Gembira: Para Ilmuwan Menemukan Tumbuhan yang Berkhasiat Seperti Botox

Kabar Gembira: Para Ilmuwan Menemukan Tumbuhan yang Berkhasiat Seperti Botox
ISTOCK

Tinggal menunggu waktu produk ini bermunculan di toko.

Minggu lalu, sains membuat kita bingung dan sedikit kejang-kejang dengan klaim bahwa coconut oil "racun murni" dan "salah satu hal terburuk yang kamu makan". Untungnya, minggu ini kita diberikan waktu untuk menarik nafas... dengan berita bagus: ilmu pengetahuan mempersembahkan alternatif dari Botox, yakni bersumber dari tumbuhan. Sebuah penemuan baru yang dipresentasikan di 256th National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS) dan dilaporkan oleh Phys.org menyatakan bahwa ekstrak daun maple kemungkinan besar memiliki efek sama dengan perawatan yang selama ini hanya bisa dilakukan di ruang praktik seorang dermatolog. 

Sebagai informasi, kulit kita kehilangan elastisitasnya ketika sebuah enzim bernama elastase menghancurkan protein-protein elastin dan menghasilkan kerutan. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun maple mengandung sebuah senyawa fenolik yang dikenal dengan nama glucitol-core-containing gallotannins (GCGs), yang dapat menghalangi aktivitas elastase ketika dilumuri pada kulit. 

Untuk mempelajari efek ini, para ilmuwan ini mengamati cara kerja CGSs melalui sebuah tes tabung. Selain kemampuan menghalangi tersebut (CGS dengan banyak grup galloyl lebih efektif dibandingkan hanya satu), senyawa ini juga berpotensi untuk melindungi kompleksi kulitmu dari inflamasi dan hiperpigmentasi ringan (dengan kata lain, senyawa ini adalah ramuan ajaib untuk perawatan kulit secara alami). 

"Bisa dibayangkan bahwa ekstrak ini dapat mengencangkan kulit manusia layaknya Botox, meski pengaplikasiannya harus topikal, bukan dalam bentuk suntikan toksin," kata Navindra Seeram, Ph.D., ketua dari penelitian ini. "Dan fakta bahwa ekstrak ini berasal dari pohon akan sangat dihargai oleh konsumen yang menanti-nantikan sesuatu yang natural, bahan-bahan dari tumbuhan untuk produk perawatan kulit mereka." 

Meski belum ada produk perawatan kulit yang memanfaatkan ekstrak daun ini (paling tidak sekarang) rasanya cukup menggembirakan untuk tahu bahwa di dunia ini ada bahan lain yang bisa memperlambat penuaan, selain Botox—dan pastinya membuat kita harus tidak bertemu suntikan. 

Oh, jangan lupa mengecek produk kecantikan yang wajib dicoba bulan ini