Monday, 18 March 2019

Kakeibo-- Teknik Sederhana a La Jepang untuk Mengatur Keuangan

img detail
ISTOCK

Pernah mendengar tentang kakeibo? Jika belum, Woop sangat menyarankan kamu untuk membaca artikel lengkapnya di bawah ini. 

Jepang selalu bisa menjadi kiblat dari semua tren yang sedang berjalan diseluruh dunia. Setelah tren gaya hidup minimalis orang Jepang yang ramai dibicarakan, Jepang juga memiliki cara untuk mengatur keuangannya. Yep, teknik bernama kakeibo ini sudah ada sejak awal tahun 1900-an dan sudah banyak dipraktikan oleh para ibu rumah tangga. Teknik kakeibo yang digunakan untuk mencatat setiap detail pengeluaran ini kembali diperkenalkan oleh seorang penulis bernama Fumiko Chiba, yang merilis buku mengenai Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money. 

Lantas, bagaimana Kakeibo digunakan dalam kehidupan sehari-hari?

Kakeibo menggunakan konsep yang sederhana yaitu setiap awal bulan atau baru gajian, kamu bisa merencanakan keuangan yang akan dihabiskan sebulan ke depan. Jangan lupa untuk membagi rencana pengeluaranmu ke dalam empat kategori:  pengeluaran dasar sehari-hari (makan, transportasi, kos/kontrak/cicilan rumah), pengeluaran sekunder (pakaian, hang out), kultur (buku, nonton), dan pengeluaran ekstra (membeli kado atau ke bengkel).

Setelah itu, bagi uang tersebut ke dalam amplop yang berbeda untuk setiap kategori. Kemudian, catat setiap detail pengeluaran kamu setiap hari dalam sebuah buku. Di akhir bulan, kamu harus menghitung pengeluaranmu, dan lihat amplop mana yang berhasil dihemat.

Jika waktu sebulan terlalu lama untuk menganalisa, kamu bisa melakukan review setiap akhir pekan sehingga kamu bisa mengarahkan pengeluaran dengan benar. Memiliki dasar ‘being mindful of your finances’, menjadikan kakeibo bukan hanya sekedar mengeluarkan uang tapi membuatmu sadar dengan keuangan yang kamu miliki. Intinya: konsisten dan berkomitmen!

Mari mencobanya, Ladies!

Selanjutnya: sebagai perempuan, kita harus pintar-pintar mengatur keuangan. Maka dari itu, kenali permasalahan keuangan yang sering kita lakukan seperti berikut ini


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR