Thursday, 31 January 2019

Kata Miliuner, Ini Cara Terbaik ‘Menabung’ Saat Punya Anak

img detail
iStock

Bukan rahasia kalau pengeluaran semakin besar ketika punya anak. Untuk itu, miliuner Kevin O’Leary memiliki tips menyimpang uang yang menjadi favorit banyak orang.

Pengusaha sekaligus bintang ‘ABC’s ‘Shark Tank’’ itu menjelaskan, menyenangkan memang saat kita mulai berkeluarga dan memiliki anak. Meski demikian, punya anak itu sangat ‘berharga’.

“Itu menakjubkan bagaimana bisa menyaksikan anak tumbuh besar bersamamu, melihat perkembangan mereka, dan menjadi sebuah keluarga. Tapi mereka tidaklah gratis, mereka sangat mahal,” papar Kevin O’Leary.

Menurut data dari U.S. Department of Agriculture, rata-rata biaya untuk membesarkan anak di Amerika Serikat sekitar US$233 ribuan (Rp3,2 miliar) mulai dari melahirkan sampai berusia 17 tahun. Sementara Kevin percaya kalau mempunyai anak biayanya bisa lebih dari US$700 ribu (Rp9,7 miliar).

 

 

Ayah dua anak itu pun mengatakan bahwa ia terkadang suka terkejut ketika membeli perlengkapan untuk anak. Contoh saja, pakaian sehari-hari mereka. Ketika anak pertama laki-laki dan kedua perempuan maka bisa sangat mahal biayanya, melihat tipe baju mereka saja berbeda. 

Jadi, hematlah kapanpun kamu bisa. Beli beberapa busana yang unisex sehingga pakaiannya bisa ‘turun’ dari anak pertama ke kedua walaupun beda jenis kelamin. Jangan membuang-buang uang hanya buat membeli pakaian anak karena mereka juga tak peduli dengan hal tersebut.

“Anak itu tumbuh setiap 90 hari. Betapa bodohnya membuang uang (untuk pakaian), pasti ada strategi lebih baik. Mulailah berpikir tentang kaos dan celana yang cocok untuk jenis kelamin perempuan serta laki-laki ketika anak kecil. Anak-anak itu tidak peduli dengan baju mereka makanya ini satu cara untuk menghemat uang.”

Tips lain yang diberitahukan Kevin, berpikir saat belanja apa anak membutuhkan barang tersebut atau tidak? Bila hanya untuk memenuhi hasrat belanjamu maka tinggalkan saja. Itu hanya buang-buang uang. 

Para perencana keuangan pun menambahkan, menabunglah di usia 20-an dengan berhemat 25% dari penghasilan kotormu. Maka ketika berusia 30 tahun dan sudah punya anak, tabungan itu akan memiliki jumlah setara dengan nilai penghasilan dalam setahun. 

 

Selanjutnya: Biar kamu nggak boros, tak perlu beli kosmetik mahal. Coba deh merek kosmetik yang dianggap ‘terbaik’ dunia ini. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR