Ini Kenapa Banyak Orang Selingkuh Padahal Sudah Menikah

Ini Kenapa Banyak Orang Selingkuh Padahal Sudah Menikah
iStock

Kenapa ya banyak orang suka selingkuh padahal sudah terikat janji suci? Ini jawaban peneliti.

Perselingkuhan merupakan salah satu hal terburuk yang terjadi dalam suatu pernikahan. Ini juga pertanda bahwa ikatan pernikahan tersebut telah mencapai titik terendah.

Penelitian Terbaru Menghasilkan Alasan Paling Umum di Balik Perselingkuhan

Apa itu Alesannya? 

img

Para peneliti mensurvei 495 orang dewasa. Masing-masing dari mereka ditanya apakah mereka pernah selingkuh dan jika jawabannya adalah ‘iya', lalu apa alasan yang memungkinkan.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sex Research itu mengungkap kalau 77% partisipan mengaku itu dia lakukan karena terlalu mencintai pasangannya. Demi menjaga hubungan agar tetap harmonis maka ’membenarkan’ perselingkuhan. Duh!

Baca: Pasangan Main Tinder--Apa Pasti Selingkuh?

Yang mengejutkan juga, 74% responden mengaku kalau mereka selingkuh karena menginginkan lebih banyak variasi pengalaman seksual. Dan 41% responden menuturkan kalau mereka berselingkuh karena tidak merasa memiliki ikatan khusus terhadap pasangan masing-masing (walaupun sudah menikah).

img

Uniknya, 43% peserta berselingkuh hanya karena marah lho. Apa yang membuat mereka marah? Alasannya bermacam-macam; entah ingin membalas dendam pada pasangan karena pernah berselingkuh sebelumnya atau sering mengalami hari yang buruk saat bersama-sama.

Sayangnya, sekitar sepertiga dari responden menyatakan selingkuh hanya karena ingin berhubungan seks. Itu karena mayoritas dari responden yang ikut survei adalah laki-laki. Bagaimana dengan perempuan yang selingkuh?

Para peneliti mengindikasikan bahwa perempuan akan selingkuh jika mereka sering merasa diabaikan oleh pasangannya. Apa kamu juga pernah selingkuh?

Apa pun alasannya, perselingkuhan tidak bagus buat kesehatan mentalmu dan tentu bisa menghancurkan hubungan pernikahan. Bahkan dapat merusak generasimu selanjutnya.

Selanjutnya:

Ini Ciri-ciri Pasangan yang Suka Selingkuh

Banyak Belum Tahu, Alasan Sebenarnya Saat Istri Selingkuh

4 Cara Menghianati Pasangan Tanpa Beneran Selingkuh