Monday, 07 January 2019

Ketika Kamu Suka, Tapi Dia Hanya Ingin Jadi Teman Biasa

img detail
ISTOCK

Apa yang harus dilakukan? 

“Baru ku sadari.. cintaku bertepuk sebelah tangan..”

Penggalan lirik Dewa 19 di atas memang sangat menyedihkan. Tidak ada yang mau saat cintanya harus bertepuk sebelah tangan, apalagi dengan orang yang benar-benar dicintainya. Sedih, kecewa, marah, bercampur jadi satu. Namun, (tanpa cinta darinya) hidupmu harus terus berjalan. Bagaimana cara mengatasi dan menghadapi rasa sakitnya?

“Manusia dalam kehidupannya membutuhkan relasi dengan orang lain, baik itu relasi dengan keluarga, teman, kolega, pasangan dan masih banyak lagi. Perasaan sayang dan cinta merupakan anugrah dari Tuhan yang akan mengisi relasi tersebut. Setiap orang bisa merasakan dan memberikan cinta, namun cinta yang kita rasakan untuk orang lain tidak bisa dipaksakan. Oleh karena itu, sangat mungkin seseorang mencintai orang lain, tapi orang yang dicintainya tidak merasakan hal yang sama. Inilah yang sering disebut dengan cinta bertepuk sebelah tangan,” ujar seorang psikolog klinis dewasa, Rena Masri, M. Psi, Psikolog., dari Q Consulting dan juga pendiri Cinta Setara.

Sangat sakit dan hancur saat cinta kita tak terbalaskan. Seolah sedang merasakan cinta itu memang buta, kita tidak disadarkan bahwa sebenarnya kebaikan dia kepada kita hanya sebuah kebaikan kepada teman, bukan kepada orang yang dicintai atau disayanginya.

“Terkadang sebagian orang tidak menyadari bahwa sesungguhnya cintanya bertepuk sebelah tangan. Untuk melihat hal apakah cintamu bertepuk sebelah tangan atau tidak, kamu harus mengamatinya dengan ciri-ciri yang (sebenarnya) dia berikan,” ujarnya. Sebagai berikut:

  1. Tidak segera memberikan respon saat kamu menghubunginya

  2. Menghindari pertemuan denganmu dengan berbagai alasan

  3. Tidak memberikan waktu khusus untuk dirimu

  4. Menjawab seperlunya saat diajak berbicara ataupun saat chatting

  5. Tidak jujur dan tidak mau terbuka

  6. Selalu kita yang inisiatif untuk menghubungi atau melakukan pendekatan

  7. Lebih memilih bersama dengan teman-temannya, dibandingkan harus pergi dengan kamu

Saat ciri-ciri di atas memang kamu rasakan ada padanya, Woop menyarankan untuk menghapus saja perasaan yang kamu miliki. Karena akan membuang waktumu saja. 

“Memang hal yang menyakitkan jika cinta kita hanya bertepuk sebelah tangan. Namun, kita perlu menyadari bahwa kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk mencintai kita. Merasa sedih ataupun menangis adalah hal yang wajar dirasakan saat mengetahui bahwa cinta tak terbalas. Kita juga harus tetap memikirkan diri kita ke depannya, apakah kita akan terus merasa sedih yang berkepanjangan atau memutuskan untuk ‘move on’,” kata Rena.

Setelah kita menunggu “mungkin, dia bisa mencintai kita nanti”, tapi hasilnya tetap saja nihil. Akhirnya, kita memutuskan untuk move on. Apa yang harus dilakukan?

Menurut Rena, ada beberapa hal yang harus kita lakukan saat kita memutuskan untuk move on darinya:

  • Pertama, kita harus menyadari dan bisa menerima bahwa cinta yang kita miliki untuknya memang tidak terbalaskan

  • Kedua, berbagilah perasaan/cerita dengan orang lain yang kamu percayai

  • Ketiga, bersosialisasi. Karena dengan bersosialisasi kamu bisa dengan mudah melupakannya dan bisa mengenal orang baru

  • Keempat, melalukan hobi atau kegiatan positif yang kamu sukai ataupun bergabing dengan komunitas positif yang bermanfaat

“Jika kita sudah bisa menerima keadaan bahwa dia memang tidak mencintai kita, tetaplah berteman dengannya. Namun, jika kita masih merasa sedih dan tertekan, ada baiknya kita untuk menjaga jarak terlebih dahulu. Ingat! Tidak perlu kepo dengan sosial media, karena itu akan kembali membangkitkan/malah menyakiti perasaan kita,” sarannya.

Oke. Yang paling terpenting, “untuk selalu diingat adalah kita harus menyadari apakah hubungan yang terjalin membuat kita bahagia atau tidak. Jika kita tidak merasa bahagia, pikirkanlah apa alasan untuk mempertahankan hubungan tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengembangkan ‘happy and healthy relationship’ dengan pasangan. Karena itu merupakan kunci dalam menjalin hubungan dengan pasangan,” pungkas Rena.

Selanjutnya: sudah menemukan cinta yang baru, informasi kecil ini bisa membuat kencan pertamamu tidak akan suram lagi. 

 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR